Sabtu, 4 April 2020

Seperti Ombak, Longsor Timbun Jalan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya

- 24 Februari 2020, 17:25 WIB
Warga dan petugas BPBD bergotong royong menyingkirkan timbunan tanah longsor di Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/2/2020). Akses jalan sempat terganggu akibat longsor tersebut.* /BPBD TASIKMALAYA

PIKIRAN RAKYAT - Longsor terus terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Pada Minggu‎ 23 Februari 2020, pukul 14.30 WIB, longsor menimbun jalan penghubung Sindangasih-Lengkongbarang di Kecamatan Cikatomas. 

Peristiwa itu terjadi lantaran hujan dengan intensitas ringan hingga deras yang berlangsung cukup lama di wilayah itu. Tanah gembur di lokasi kejadian pun tergerus dan terbawa hujan sehingga longsor terjadi. Warga dan petugas bencana turun tangan mengeruk timbunan tanah.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Dede Sudrajat mengatakan, pembersihan material longsor sudah dilakukan. Akses jalan pun telah normal kembali.

"Tinggal membuka parit jalan untuk menyalurkan air," kata Dede dalam pesan WhatsApp, Senin 24 Februari 2020.‎

Baca Juga: Pemprov Jabar Siapkan Dua Opsi Organisasi untuk Tangani Cekungan Bandung

loading...

Menurutnya, longsor tersebut tak sempat memutus akses jalan.

"Tidak total (menutup akses) karena saat itu juga masyarakat langsung membersihkan material longsoran," ucapnya. 

Sebelumnya, Jalan Cikeusal di Kampung Sukalebar, Desa Pasirsalam, Kecamatan Mangunreja tertimbun longsor. Akibatnya, jalan penghubung tiga kecamatan yakni Mangunreja, Tanjungjaya, Parungponteng ke pusat pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya di Singaparna terputus.

Baca Juga: 5 Efek Samping dari Konsumsi Madu yang Dapat Menyebabkan Reaksi Bahaya bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X