Termasuk yang Sakit, Ratusan Warga Tetap Bertahan di Tengah Meluasnya Banjir Karawang

- 24 Februari 2020, 16:19 WIB
Banjir menggenangi Perumahan PDP di Desa Rengasdengklok Utara.* /DODO RIHANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Genangan banjir di wilayah Kabupaten Karawang semakin meluas. Selain merendam pemukiman warga dan areal persawahan di wilayah Karawang utara, air bah juga menggenangi ratusan rumah di wilayah Karawang selatan.

Padahal, wilayah Karawang selatan merupakan daerah perbukitan yang lokasinya lebih tinggi dibanding wilayah perkotaan dan Karawang utara. Hujan yang turun dengan deras membuat sejumlah anak sungai di Karawang selatan meluap.

Sekira pukul 05.00 WIB, Sungai Cikereteg dan Sungai Citaman yang merupakan anak Sungai Cibeet tidak sanggup menampung volume air hujan. Aliran air dari dua sungai itu luber dan mengalir ke arah pemukiman warga.

Baca Juga: Soal Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi, Sri Sultan Hamengku Buwono X: Kepala Sekolah Juga Pasti Kena

"Sedikitnya 50 unit rumah di Dusun Cihambulu, Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi anatara 30 Cm hingga 1 meter," ujar seorang Satuan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Pangkalan, Qiwong Setiawan, di lokasi banjir, Senin 24 Februari 2020.

loading...

Akibat bencana itu, lanjut Qiwong, ada 283 warga yang terkena dampak. Mereka terpaksa harus tinggal di rumah yang terendam air bah. Padahal, tiga di antaranya ada yang sedang sakit.

Bencana serupa juga menerjang Dusun Karadak, Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat dan Dusun Pangasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat. Air bah datang menerjang sejak pulul 05.15 WIB.

Baca Juga: Dokter Ungkap Pernyataan Perempuan Hamil di Kolam Renang Tidak Tepat, Komisioner KPAI Mengaku Salah

"Air tiba-tiba datang. Saat itu saya sedang melayani pembeli nasi uduk," kata Euis, pedagang sarapan di Dusun Karadak. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X