Meskipun Banjir Menerjang, Warga Rengasdengklok Utara Tetap Antusias Salurkan Hak Suara di Pilkades

- 23 Februari 2020, 18:00 WIB
Warga Desa Rengasdengklok Utara tetap antusias menyalurkan hak suaranya pada pelaksanaan Pilkades setempat kendati TPS tergenang banjir.* /DODO RIHANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Karawang sejak Sabtu malam 22 Februari 2020 menimbulkan banjir di sejumlah desa di beberapa kecamatan, Minggu 23 Februari 2020. Genangan banjir bahkan sempat mengganggu jalanan Pemilihan Kepala Desa yang digelar serentak di 45 desa di daerah lumbung padi tersebut.

"Ada beberapa desa yang pelaksanaan pemungutan suaranya mundur beberapa jam. Sebab, lokasi TPS tergenang banjir," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Agus Mulyana, Minggu 23 Februari 2020.

Menurutnya, pelaksanaan Pilkades yang sempat diundur di antaranya terjadi Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengsdengklok dan Desa Sukatani, Kecamatan Cilamaya Wetan. Pelaksanaan Pilkades yang seharusnya dimulai pukul 07.00 WIB dan ditutup pukul 13.00 WIB diundur menjadi pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Pencarian Selesai, Jumlah Korban Meninggal Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi Menjadi 10 Siswa

"Yang pasti pelaksanaan Pilkades tetap berlangsung. Atas kesepakatan panitia dan calon kade, waktu pelaksanaannya saja yang diundur beberapa jam," ujar Agus Mulyana.

loading...

Menurutnya, pihak DPMD bersama panitia setempat bekerja keras menyiapkan pompa penyedot air agar banjir tidak terlalu tinggi menggenangi TPS. Upaya itu buahkan hasil, sehingga Pilkdes tetap berlangsung kondusif.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari membuat sejumlah pemukiman warga dan areal persawahan tergenang banjir.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Pembina Pramuka Sebagai Tersangka dalam Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi

"Air hujan tidak bisa mengalir lancar ke sungai kerena pada waktu yang sama volume air sungai juga sedang tinggi," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X