Selasa, 7 April 2020

10 Rumah di Tambun Utara Bekasi Terancam Longsor, Dulu Jarak Rumah dengan Tebing Tiga Meter, Sekarang Hanya Satu Meter

- 21 Februari 2020, 19:07 WIB
KONDISI rumah yang terancam longsor di Tambun Utara Kabupaten Bekasi, Jumat 21 Februari 2020.* /Tommi Andryandy/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Sedikitnya 10 rumah di bantaran Kali Bekasi di Dusun II Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi terancam longsor.

Kondisi itu terjadi setelah derasnya aliran air yang menggerus bantaran sungai.

Yovi (27), salah seorang warga mengaku khawatir dengan kondisi tersebut. Di sisi lain warga pun kebingungan mengantisipasi longsor terjadi. “Ada 10 rumah yang terancam longsor karena tanahnya terkikis aliran deras Kali Bekasi,” kata Yovi, Jumat, 21 Februari 2020.

Baca Juga: Digempur Persib Bandung Sepanjang Laga, Asisten Persikabo: Main Bagus Saja Tidak Cukup

Para pemilik rumah, sambungnya, mengaku khawatir dengan kondisi bangunan rumahnya. Sebab, jarak antara rumah dengan tebing yang semula sejauh tiga meter, sekarang jaraknya hanya tersisa sekitar satu meter.

“Mereka khawatir, takut rumah terbawa longsor,” ucapnya.

Kendati demikian, Relawan Tambun Utara, BPD, Babinsa, Bimaspol serta warga lainnya telah bahu membahu membantu para pemilik rumah dengan melakukan perbaikan seadanya. 

Baca Juga: Pelatih Persib Robert Alberts Puas dengan Hasil Uji Coba Kontra Persikabo Meskipun Berakhir Imbang

“Longsornya dari kemarin dan sampai sekarang masih terus berlanjut secara perlahan,” tuturnya.

Warga yang rumahnya terancam longsor juga telah diimbau untuk mewaspadai longsor susulan. “Kami telah menyampaikan persoalan ini kepada pihak-pihak terkait agar bisa ditindaklanjuti secepatnya dan bencana longsor tidak meluas,” kata Yovi.

Sementara itu, selain longsor, Kabupaten Bekasi pun diterjang banjir di beberapa titik. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi, Muhammad Said mengatakan, banjir disebabkan tingginya curah hujan yang turun beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1, Akhir April Selesai dan Lebaran Dapat Digunakan

Banjir menerjang empat desa di empat kecamatan, yakni Desa Karang Sentosa Kecamatan Karangbahagia, Desa Sukajadi Kecamatan Sukakarya, Desa Bojong Kecamatan Kedungwaringin, dan Desa Karang Patri Kecamatan Pebayuran. Akibat banjir tersebut, terdapat sedikitnya 420 kepala keluarga terdampak.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X