Selasa, 7 April 2020

Badan Geologi Turun Tangan Kaji Pergerakan Tanah di Cipongkor

- 21 Februari 2020, 18:33 WIB
Petugas BPBD Kabupaten Bandung Barat memasang spanduk peringatan bahaya longsor di Kampung Gadung, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor beberapa waktu lalu.* /CECEP WIJAYASARI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pergerakan tanah di Kampung Gadung, RT 5 RW 5, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat pada 16 Februari 2019 tengah dikaji tim dari Badan Geologi. Pergerakan tanah sepanjang 200 meter ini berdampak pada 105 jiwa dari 35 keluarga serta mengancam permukiman warga dalam radius 1 hektare.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB Duddy Prabowo mengungkapkan, pergerakan tanah yang terjadi pada 16 Februari 2019 sekitar pukul 4.30 itu juga menyebabkan 2 rumah rusak berat, 13 rumah rusak ringan, dan 12 rumah lainnya terancam.

“Akibat pergerakan tanah ini, 105 jiwa dari 35 keluarga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya, Jumat 21 Februari 2020.

Baca Juga: DPR : Taspen-Asabri Gabung ke BPJAMSOSTEK Harus Hindari PHK

Tak hanya itu, pergerakan tanah juga menyebabkan akses jalan desa setempat rusak dan 1 musala rusak ringan. Di lokasi yang sama, juga pernah terjadi pergerakan tanah pada 2019 lalu. Pergerakan tanah masih berpotensi terus terjadi, terutama ketika dipicu intensitas hujan yang tinggi.

Menurut Duddy, tim BPBD KBB telah melakukan kaji cepat ke lokasi pascakejadian tersebut. Pihaknya juga mendirikan tenda darurat untuk tempat pengungsian para korban pergerakan tanah.

“Kami tetap mengimbau masyarakat setempat agar mengungsi ke tempat yang lebih aman pada malam hari dan ketika turun hujan deras,” tuturnya.

Baca Juga: Album Map of the Soul: 7 Resmi dirilis, BTS Gunakan Tiga Teori Psikologi Dunia

Selain itu, BPBD juga berkoordinasi dengan aparat kewilayahan setempat untuk bersiaga menghadapi pergerakan tanah susulan. Di sekitar lokasi, pihaknya juga sudah memasang rambu-rambu peringatan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X