Kamis, 9 April 2020

9 Truk Kosmetik Ilegal dan Narkotika Dimusnahkan oleh Kejaksaan Kabupaten Bekasi

- 20 Februari 2020, 17:41 WIB
SEJUMLAH barang bukti perkara pidana dimusnahkan pada acara pencanangan zona integritas Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Kamis 20 Februari 2020.* /TOMMI ANDRYANDY/PR

PIKIRAN RAKYAT - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi memusnahkan narkotika, kosmetik dan obat-obatan ilegal, Kamis 20 Februari 2020. Ribuan barang tersebut diamankan dari hasil perkara kejahatan yang terjadi sepanjang 2019.

Pemusnahan dilakukan di dua tempat yakni di Kantor Kejari Kabupaten Bekasi di Cikarang Pusat dan gudang logistik di Karawang. Total barang bukti yang dimusnahkan itu mencapai sembilan truk.

“Hari ini kami musnahkan barang bukti tindak pidana selama 2019 atau pemusnahan pertama yang dilakukan di tahun ini. Sesuai kewenangan dan kewajiban kami harus memusnahkan barang bukti setelah perkara kejahatannya telah berkekuatan hukum tetap,” ucap Kepala Kejari Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu Dian Suryandari.

Baca Juga: Tahun 2020, Pemerintah Pusat Targetkan Sungai Citarum Cemar Ringan

Untuk narkotika yang dimusnahkan di antaranya 173,9 gram sabu dimusnahkan yang didapat dari 74 perkara. Sabu dimusnahkan dengan cara dibakar bersamaan dengan ganja seberat 735,5 gram. Ganja itu didapat dari 11 perkara.

Kemudian terdapat pula ekstasi sebanyak 80 butir dari satu perkara dan obat-obatan terlarang sebanyak 9.350 butir. Ribuan barang bukti itu dimusnahkan dengan cara dilarutkan bersama air.

“Untuk barang bukti narkotika itu memang tidak banyak karena berdasarkan undang-undang yang berlaku saat ini, barang bukti narkotika sudah dapat dimusnahkan tujuh hari setelah diamankan, walau masih dalam penyidikan,” ucap dia.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persikabo, Pelatih Persib: Pertandingan yang Bagus untuk Tim Kami

Selain narkotika, barang bukti dari perkara barang ilegal pun turut menonjol. Ribuan barang dari total 35 jenis barang bukti dimusnahkan. Barang itu terdiri dari kosmetik ilegal, obat-obatan asal Tiongkok yang tanpa izin hingga dua buah kulkas.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X