Minggu, 5 April 2020

Menggaet Kunjungan Wisatawan ke Jawa Barat dengan Kereta Api, Sepanjang Perjalanan Akan Dimanjakan Keindahan Alam

- 18 Februari 2020, 16:01 WIB
DEDI Taufik saat mengunjungi station kereta api Sukabumi. * /Ahmad Rayadie/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menggulirkan program Smiling West Java Historical Railway Tour. 

Program ini, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan  Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik, Selasa, 18 Februari 2020, untuk mengenalkan beberapa objek wisata unggulan di Jawa Barat kepada wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara.

Konsep yang ditawarkan melalui program ini, menurut Dedi, sedikit berbeda dengan program pariwisata lainnya.

Baca Juga: Sering Bagikan Kisah Inspiratif di Instagram, Pangeran Mahkota Dubai Kembali Viral karena Unta

Yang menjadi pembedanya, katanya, ada sentuhan sejarahnya. Terutama sejarah perkeretaapian di Jawa Barat. Khususnya, kereta api yang melintasi jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur.

“Dulu, jalur kereta api tersebut, merupakan jalur yang khusus diperuntukan bagi Jenderal Belanda. Sepanjang jalur kereta api tersebut, pemandangannya sangat indah dipandang mata,” katanya.

Keindahan sepanjang jalur kereta api tersebut yang akan dijual. Apalagi, lanjut Dedi, masyarakat Jawa Barat terkenal akan keramahantamahannya. Murah senyum. “Kelebihan ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Jawa Barat,” katanya.

Baca Juga: Rumah Ketum PA 212 Diteror dan Dilempari Batu, Polisi: Masih Diselidiki Kebenarannya

Selain itu, menurut Dedi, jalur lintasan kereta api dari Stasiun Bogor, Sukabumi, hingga Cianjur, merupakan stasiun termewah sejak jaman dulu.

"Saya optimis, program ini akan menarik minat para wisatawan, baik wisnus maupun mancanegara. Imbasnya, jumlah kunjungan wisata ke Jawa Barat akan meningkat,” kata Dedi.

Menurut Dedi, beberapa stasiun yang dilewati antara lain, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Sukabumi, dan Cianjur. “Semua stasiun ini termasuk cagar budaya,” katanya.

Baca Juga: Implementasi Mata Pelajaran Informatika di SMP dan SMA Tidak Optimal

Tidak hanya itu, setelah sampai di Cianjur, wisatawan bisa langsung mengunjungi cagar budaya Situs Gunung Padang.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X