Minggu, 5 April 2020

Satu Desa di Ujung Timur Wilayah Kuningan Terancam Terisolasi

- 16 Februari 2020, 19:17 WIB
ANGGOTA TNI dari Koramil Cibingbin, turut membantu gotong royong masyarakat Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, melakunan penanggulangan darurat di titik jalan ambles yang memmutus akses transportasi mobil ke desa tersebut, Minggu (16/2/2020). Jalan kabupaten menuju desa di ujjung timur wilayah Kabupaten Kuningan itu, ambles tergusur gerakan tanah Minggu (16/2/2020) pagi sekitar pukul 2.30NURYAMAN/"PR"----------------- /

PIKIRAN RAKYAT - Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cibingbin, salah satu desa di ujung timur wilayah Kabupaten Kuningan kini dalam kondisi terancam terisolasi dari transportasi kendaraan.

Ruas jalan kabupaten, satu-satunya akses jalan kendaraan menuju desa tersebut, Minggu 16 Februari 2020 pagi ambles tergusur gerakan tanah berpotensi berkembang memutus jalan tersebut.

Terpantau “PR” titik lokasi jalan ambles itu berada pada lahan berkontur miring di tengah lahan hutan produksi Perhutani berjarak sekitar 100 meter menjelang gapura pintu masuk kawasan permukiman warga desa tersebut Tepatnya di sekitar lingkungan permukiman warga RT 9 RW 2, Blok Kosambi, Desa Bantarpanjang.

Baca Juga: MAKI Gelar Sayembara Harun Masiku dan Nurhadi Berhadiah iPhone 11

Lebih dari separuh lebar badan jalan di titik tersebut ambles sepanjang lebih kurang 25 meter, dengan kedalaman rata-rata sekitar 25 centi meter. Menurut sejumlah warga sekitar di antaranya Kiki (25) amblesnya bagian jalan itu terjadi sebelum waktu solat subuh.

Akibatnya sejak kejadian itu hingga Minggu pagi menjelang siang, semua jenis mobil yang hendak masuk keluar desa itu pun praktis terhambat total dengan adanya bagian jalan ambles tersebut.

Bagian jalan itu sementara ini baru bisa dilintas mobil dari dua arah secara bergantian dengan ban sebelah menapak alur tanah hasil pelebaran darurat melalui gotong royong warga setempat.

Baca Juga: Pulang Observasi Virus Corona di Natuna, 10 Warga Jateng Pilih Hindari Wartawan

Upaya penanggulangan darurat oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat, Minggu pagi hingga menjelag siang itu, juga mendapat bantuan dari unsur TNI, Polri, Perhutani, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X