Rabu, 8 April 2020

Polisi Usut Dugaan Penimbunan Bawang Putih 150 Ton dalam Sebuah Gudang di Karawang

- 16 Februari 2020, 13:18 WIB
KEPALA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Moh Arifin Soendjayana, memperlihatkan bawang putih yang diduga ditimbun di sebuah gudang di Karawang. * /Humas Indag Jabar

PIKIRAN RAKYAT – Beberapa hari lalu ditemukan 150 ton bawang putih impor di salah satu gudang kawasan Kabupaten Karawang.

Temuan ini membuat penyidik Polda Jawa Barat melalui Satgas Pangan melakukan pengusutan, guna memastikan termasuk kategori penimbunan atau tidak.

Tanpa menyebutkan identitas penyimpan 150 ton bawang putih tersebut, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga menyatakan, temuan itu masih dipelajari.

 Baca Juga: 5 Karakteristik Seseorang yang Menarik untuk Dijadikan Pasangan, Salah Satunya Pendengar yang Baik

Polda Jabar, kata dia, perlu mempelajari penemuan tersebut karena jangka waktu untuk distribusi bawang putih tersebut masih memiliki sisa hingga akhir Februari.

"Untuk sisa stok sampai saat ini ada 150 ton bawang putih dan memang izinnya hingga Februari 2020," kata saat dikonfirmasi, Minggu, 16 Februari 2020.

Lebih lanjut, ia menyatakan, perusahaan yang menyimpan bawang putih 150 ton di Kabupaten Karawang itu memiliki izin distribusi di Jawa Barat dan Lampung.

 Baca Juga: Tutorial Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 Online, Simak Tahapan-tahapannya Sebelum Ditutup

"Memang untuk PT ini kan memiliki kuota untuk pendistribusian seluruhnya ada sekitar 24 kontainer kali 30 ton lah, sekitar 700 ton sekian. Nanti itu didistribusikan itu untuk jawa barat itu 90 persen, kemudian untuk Lampung 10 persen," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jabar Eem Sujaemah menjelaskan, hukum penimbunan ini diatur Undan-undang.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X