Jumat, 28 Februari 2020

Sawala Nasional Jawa Barat, Mesti Ditindaklanjuti dan Tak Cukup Sekali

- 13 Februari 2020, 21:30 WIB
ARIF HIDAYAH/“PR” GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan rencana dan kekurangan dukungan terhadap pengembangan Jawa Barat saat menjadi pembicara dalam acara Sawala Nasional Pikiran Rakyat bertema "Rempug Jukung Sauyunan Pikeun Ngawujudkeun Jabar Juara Lahir Batin" di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020). Acara tersebut dihadiri oleh budayawan, tokoh politik dan anggota DPR RI dari berbagai Dapil se-Jawa Barat. /ARIF HIDAYAH

PIKIRAN RAKYAT - Sawala Nasional Jawa Barat yang digelar oleh Pikiran Rakyat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada Rabu 13 Februari 2020 menjadi ajang berkumpulnya 91 anggota DPR RI dan empat anggota DPD dari Jawa Barat.

Selain itu ada juga pejabat pemerintah asal Jawa Barat, 27 Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat, hingga seniman dan para sesepuh Jawa Barat. Pentingnya menyatukan pikiran dalam satu forum untuk mewujudkan Jawa Barat Juara pun dinilai tak cukup sekali.

Berdasarkan hasil pertemuan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta anggota DPR dan DPD RI dari Jawa Barat membentuk suatu kaukus di Parlemen yang bisa menjadi forum kecil dan menghubungkan gagasan antara Pemprov dengan anggota Dewan. Dede Yusuf, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat yang sudah dua periode tandang di Senayan pun diminta jadi ketua.

Baca Juga: Datang dari Liga Tiongkok saat Virus Corona Merebak, Odion Ighalo Berlatih Terpisah dari Pemain Manchester United Lain

Menanggapi ini, Dede menyebut kalau upaya ini bukan sekali dilakukan. Di era pemerintahan kedua Ahmad Heryawan pernah juga digagas hal serupa. Sayang tak ada kelanjutan dari kegiatan itu. Untuk itu Dede berharap bahwa kegiatan kali ini mesti ada tindak lanjutnya.

"Saya sih siap saja menerima tugas, kawan-kawan juga kan ingin dilibatkan tapi harus ada pertemuan yang lebih kecil, informal," kata Dede.

Menurut Dede, koordinasi yang baik antara pemerintah provinsi dengan anggota dewan di Parlemen tentu akan menghasilkan program-program yang baik pula. Namun sebelum itu, Dede yang didaulat sebagai Ketua Kaukus ini pun harus menggali terlebih dahulu sektor-sektor yang ditangani oleh anggota Dewan dari Jawa Barat di Senayan.

Baca Juga: Penuhi Panggilan sebagai Saksi ke Polres Metro Jakarta Selatan, Karen Pooroe: Saya Yakin Kebenaran akan Terungkap

"Setelah menggali, baru nanti saya bisa melaporkan ke Gubernur untuk mengambil langkah saja. Saya siap saja menjadi koordinator tapi dari Pemdanya juga harus sigap," kata dia.

Tanggapan yang sama juga disampaikan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Nurul Arifin. Menurut Nurul, di komisinya yakni Komisi I ada cukup banyak anggota yang berasal dari Jawa Barat. Totalnya ada sepuluh seperti Dave Akbarshah Fikarno (F-Golkar), Muhammad Farhan (F-NasDem), Junico BP Siahaan (F-PDI Perjuangan), Fadli Zon (F-Gerindra), TB Hasanuddin (F-PDI Perjuangan) dan lain-lain. Dengan SDM yang cukup ini Nurul yakin kalau sudah sinergi, pihaknya bisa membawa banyak program untuk kemajuan Jawa Barat.

"Saya berharap orang Jabar lebih kompak, kalau forum ini terus dilakukan perlu dicanangkan secara serius," ucap dia.

Baca Juga: Kemunculan Lukisan yang Terlupakan, Para Pelukis Sengaja Dikesampingkan di Akhir Abad ke-18

Ketua DPD I PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono bersepakat. Menurut dia, forum seperti ini harus ditindaklanjuti dengan forum yang lebih kecil dan intens. Bahkan kalau perlu lebih fokus lagi dibahas per sektor sesuai dengan bidang-bidang yang ditangani oleh anggota dewan di Senayan.

"Saya sudah enam tahun di kom IV yang membidangi pertanian, perikanan, lingkungan hidup, pangan. Saya sebenarnya sama seperti kang Dede, lima tahun terakhir bukan hanya enggak punya akses tapi sulit komunikasi padahal kita yakin Jabar punya potensi besar pada pertanian dan perikanan, forum seperti ini pernah lima tahun lalu tapi enggak ada tindak lanjut, jadi saya harap ini bukan sekali ini," ucap dia.

Jika itu sudah konsisten terlaksana, tentu langkah yang akan diambil antara kebijakan pusat yang didorong di dewan dengan aspirasi rakyat di provinsi akan berjalan sauyunan.

Baca Juga: 8 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Hati, dari Teh hingga Ikan

"Kalau forum ini terus dilakukan, apalagi forum kecil, kita siap wujudkan Jabar juara lahir batin," ucap dia.

Anggota DPR RI F-Nasdem, Satori menyebut kalau sinergi memang jadi kunci pembangunan Jawa Barat. Saat ini Satori menilai memang sudah cukup baik hubungan antara pihaknya dengan Pemprov. Namun tentu perlu ditingkakan kembali.

"Jadi saran pak Gubernur ini menarik sekali. Ini mesti ada tindak lanjut per triwulan, enam bulan dengan diskusi khusus, dengan begitu bisa menyamai. Kuncinya sinergitas ditingkatkan komunikasi terjalin dengan baik, ya selesai," ucap dia.***


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X