Indonesia Dikepung Negara Terkonfirmasi Virus Corona, Ini Imbauan dari Persi Jabar

- 13 Februari 2020, 16:23 WIB
JUMLAH korban akibat virus corona dilaporkan turun sebanyak 2 kali lipat. /DOK. AFP

PIKIRAN RAKYAT - Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Wilayah Jawa Barat, meminta seluruh rumah sakit waspada dan siap tangani kasus Covid-19 atau virus Corona yang saat ini tengah mewabah di dunia internasional.

Persi pun secara resmi mengadakan seminar antisipasi dan penanganan Covid-19 dengan mengundang seluruh kepala atau direktur rumah sakit mapun kepada dinas kesehatan seluruh Jabar di Aula Fakultas Kedokteran Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Kamis 13 Februari 2020. 

Ketua Persi Jabar yang juga Direktur RSHS dr Nina Susana Dewi mengatakan, pihaknya harus meningkatkan tata laksana dan meningkatkan mutu rumah sakit. Persi pun harus membantu mereka jika ada permasalahan mengenai wabah Covid-19 ini yang tentunya ini diperlukan agar paham tata cara mencegah, menangani dan mengendalikan. 

Baca Juga: Puluhan Dosen Unisba akan Blusukan, Diterjunkan untuk Ikut Membangun Desa

"Kami lakukan kordinasi dengan dinas kesehatan, kepala kesehatan pelabuhan kemudian dengan RSHS, tim infeksinya menjadi narasumber semua di sini dan kami undang semua kepala dinas dan direktur RS, tim infeksi dari seluruh Jabar dan Alhamdulillah sudah 255 peserta," ujar Nina. 

Dikatakan Nina, pihaknya mengapresiasi kehadiran insan Persi saat itu terlebih betapa sangat perlunya waspada terhadap Covid-19 yang memang dalam beberapa hari ini terus meningkat kasusnya.

"Kemarin sore kasus positif di dunia itu ada 35.000, sekarang sudah 60.000 jadi betapa peningkatannya banyak sekali dan yang meninggal yang awalnya kemarin sore 1.116 sekarang sudah 1300an," kata dia.

Baca Juga: Jenazah ZNS Remaja yang Jadi Korban Penganiayaan dan Pemerkosaan Dimakamkan, Keluarga Merasa Sakit Hati

Menurut dia, walaupun Indonesia hasilnya negatif tapi negara-negara tetangga Indonesia sudah terkonfirmasi ada warga yang terjangkit Covid-19 disana. Misalnya, Singapura ada 47 yang positif, Filipina sudah ada yang meninggal, kemudian di Australia pun sudah ada. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X