Selasa, 7 April 2020

Ditemukan Stok Bawang Putih Melimpah di Gudang Importir PT SPS, Diduga Ada Permainan

- 13 Februari 2020, 15:20 WIB
BAWANG putih di Kota Cimahi terdampak virus corona.* /RIRIN NF/PR

PIKIRAN RAKYAT - Mahalnya harga bawang putih di Karawang dan daerah lain di Jawa Barat, diduga kuat akibat ulah sejumlah importir komoditas tersebut. Indikasi itu muncul setelah aparat Satgas Pangan Jabar bersama Polda Jabar menemukan stok bawang putih melimpah di gudang importir PT Sinar Padang Sejahtera yang berlokasi di Jalan Lingkar Luar, Karawang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto, Kamis 13 Februari 2020.

"Sepertinya ada yang bermain dalam peredaran bawang putih ini," ujarnya.

Baca Juga: 6 Obat Rumahan yang Dapat Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Menurutnya, pada Rabu 12 Februari 2020 sore, pihak Polda Jabar bersama Satgas Pangan Jabar menemukan stok bawang putih berlimpah di gudang importir PT Sinar Padang Sejahtera.

"Kami ikut mendampingi mereka dalam inspeksi mendadak (sidak) tersebut," katanya.

Suroto menduga padatnya isi gudang PT SPS oleh bawang putih merupakan aksi penimbunan untuk mengeruk keuntungan lebih banyak. Sebab, jika bawang putih langka di pasaran, dengan sendirinya harga komoditas tersebut bakal naik.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Ungkap Dua Kebijakan yang Belum Tersentuh, Satu di Antaranya Soal Guru

Apalagi, kata Suroto, ada dampak psikologis bahwa bawang putih yang diimpor dari China mengamdunh virus corona. Hal tersebut, menurut Suroto menimbulkan keresahan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X
x