Minggu, 29 Maret 2020

Imbas Virus Corona, Harga Bawang Putih di Majalengka Langsung Melejit

- 8 Februari 2020, 19:11 WIB
BAWANG putih impor.* /EVIYANTI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Majalengka melonjak dari biasanya hingga mencapai Rp 80.000 per kg, kondisi ini dikaitkan dengan adanya penyebaran virus corona hingga mempengaruhi harga.

Menurut keterangan sejumlah pedagang di Pasar Cigasong, Majalengka munculnya berita virus corona ini tidak hanya mempengaruhi harga jual di pasaran namun juga berdampak pada sulitnya memperoleh barang dagangan.

Didi dan Tintin dua orang pedagang mengatakan melonjaknya harga bawang putih terjadi sejak tiga hari belakangan ini, karena sebelumnya harga jual di tingkat pengecer ataupun grosir masih tetap normal hanya berkisar antara Rp 38.000 hingga Rp 40.000 saja untuk setiap kilogramnya. Belakangan harga langsung melesat hingga Rp 80.000 per kg.

Baca Juga: Survei Marsh: Mayoritas Karyawan Ingin Dapat Kemudahan dalam Klaim Kesehatan

“Biasanya kalau terjadi kenaikan harga untuk komoditas apapun selalu bertahap, ini mah langsung diangka Rp 80.000,” kata Didi.

loading...

Hal ini disertai dengan langkanya pasokan barang ke pasar. Distributor yang biasanya rutin setiap hari mengirim barang atau paling lambat dua hari, saat ini langsung menghentikan pasokan barang dengan alasan sulit barang.

Tak heran menurut para pedagang jika di sejumlah pengecer saat ini tidak menyediakan bawang putih. Terutama mereka yang kehabisan stok dagangan dan tidak adanya pasokan sama sekali.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun Olga Syahputra, Jessica Iskandar dan Richard Kyle Kompak Berikan Doa Menyentuh

“Katanya karena virus corona jadi importir berhenti memasok barang. Kabarnya di semua pelabuhan juga kosong,“ ungkap Didi.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X