Selasa, 18 Februari 2020

Virus Corona Dianggap Belum Mengancam Indonesia, Masyarakat di Cianjur Masih Ogah Pakai Masker

- 29 Januari 2020, 15:19 WIB
STAF medis menangani pasien yang terjangkit virus corona di Central Hospital di Wuhan, Tiongkok, Sabtu, 25 Januari 2020.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Ramainya pembahasan virus corona tak serta merta membuat masyarakat sigap untuk melakukan pencegahan. Imbauan tenaga medis agar masyarakat mulai mengenakan masker ataupun menerapkan pola hidup sehat, masih dijalani secara setengah-setengah.

Salah satu imbauan yang paling banyak diserukan berbagai pihak, yakni memakai masker untuk antisipasi penularan penyakit melalui udara, belum banyak diterapkan. Di lapangan pun, cukup sulit untuk menemukan warga yang mengenakan masker terutama di luar ruangan.

Seorang warga Kecamatan Cianjur, Epi Putri (28) mengatakan, belum merasa harus menggunakan masker terkait merebaknya virus corona.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Harus Berhati-hati Jika Ingin Buka Program Studi Baru

”Soalnya kayaknya virus itu belum mengancam Indonesia. Selain itu, meskipun di Bandung sudah ada dua orang yang suspect tapi jarak ke Cianjur juga cukup jauh. Jadi kayaknya belum jadi ancaman,” ujar dia, Rabu 29 Januari 2020.

Akan tetapi, anggapan tersebut tidak berarti ia acuh terhadap ancaman virus yang bisa menyerang siapa saja. Epi tetap berusaha waspada, terlebih jika ada tetangga atau orang di sekitarnya yang sakit dan diketahui baru saja bepergian dari negara yang diduga sudah terinveksi virus corona.

Sejauh ini, Epi merasa ragu untuk mengakses fasilitas kesehatan. Soalnya, menurut dia, justru potensi pemaparan penyakit akan lebih besar di area fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Fisik Tim Persib Liga 1 Ditempa Melalui Cross Country di Cikole

”Cuma ya pada akhirnya, lebih ke hati-hati saja. Lebih memilah dan memilih lagi untuk pergi ke suatu tempat. Apalagi, Cianjur kan juga jadi lokasi wisata. Pengunjungnya dari mana saja, termasuk dari luar negeri,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X