Rabu, 26 Februari 2020

Cegah Penyebaran Virus Corona, Cirebon Pantau Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok

- 28 Januari 2020, 19:35 WIB
ILUSTRASI virus.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di wilayah Cirebon dipantau otoritas setempat sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang awalnya berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Di Cirebon saat ini tercatat ada sebanyak 21 orang TKA yang bekerja di Kota Cirebon, dan enam orang diantaranya berasal dari Tiongkok.

"Sampai 2019 lalu, total ada 21 TKA, enam orang diantaranya dari China. Selain dipantau dari aspek ketenagakerjaannya, untuk pengawasan, kami tergabung dalam tim Pora," kata Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, Selasa 28 Januari 2020.

Baca Juga: Terkurung di Apartemen Usai Wabah Virus Corona Menyebar, Warga Wuhan Sahut-menyahut Nyanyikan Lagu Nasional Tiongkok

Agus memastikan enam orang TKA dari Tiongkok sudah tinggal dan bekerja lama di Kota Cirebon, sebelum virus Corona menyerang Tiongkok belakangan ini.

"Sebelum virus itu menyebar mereka sudah kerja di sini. Jadi bisa dikatakan mereka aman," katanya

Selain itu, keenam TKA tersebut juga diketahui tidak meninggalkan Indonesia. Sesuai aturan, jika ada TKA baru atau pergantian TKA termasuk dari Tiongkok, pihak perusahaan melaporkan ke Disnaker.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Menhub: Penerbangan Indonesia dari dan ke Wuhan Ditutup kecuali Kota Lain di Tiongkok

Agus menambahkan, Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) juga melakukan monitoring ke perusahaan yang mempekerjakan TKA secara rutin tiga bulan sekali.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X