Sabtu, 22 Februari 2020

Tiga Pejabat UPT Kebersihan Bandung Barat Dituntut 1,5 Tahun Penjara

- 27 Januari 2020, 14:53 WIB
Sidang kasus korupsi Pejabat UPT Kebersihan Bandung Barat.* /YEDI SUPRIADI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Tiga pejabat Unit Pelaksana Tugas (UPT) Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bandung Barat dituntut hukuman 1 tahun dan enam bulan penjara oleh jaksa penuntut umum Kejari Bale Bandung. Para terdakwa melanggar pasal 3 Undang Undang Tipikor sebagaimana dakwaan kesatu subsider. 

Demikian terungkap dalam sidang tuntutan kasus dugaan korupsi anggaran belanja di UPT Dinas Lingkungan Hidup KBB, di Pengadilan Tipikor PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Senin 2020. 

Ketiga terdakwa, yakni mantan Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup KBB, Apit Akhmad, Kepala Bagian Tata Usaha UPT Kebersihan, Adang Suherman dan Bendahara Pengeluaran Pembantu UPT Kebersihan, Abdurahman Nuryadin.

Baca Juga: Antisipasi Merebaknya Penyebaran Virus Corona, RSUD Al Ihsan Siapkan Posko

Dalam tuntutannya, JPU Kejari Bale Bandung Sima Simson menyatakan ketiga terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dan berkelanjutan sebagaimana dakwaan kesatu subsider, pasal 3 UU Tipikor. 

"Memohon majelis yang menangani perkara para terdakwa, agar menjatuhkan hukuman pidana selama satu tahun dan enam bulan, denda Rp 50 juta subsidair kurungan tiga bulan," katanya. 

Sementara hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah. Untuk yang meringankan para terdakwa bersikap sopan, belum pernah dihukum, koperatif dan sudah mengganti semua uang kerugian negara. 

Baca Juga: Tak Hanya Kenali Gejala Virus Corona, Masyarakat Diminta Pahami Juga Sistem Rujukan

Atas tuntutan tersebut para terdakwa dan kuasa hukumnya akan mengajukan nota pembelaan atau pleidoi. Sidang yang dipimpin M Razad ditunda pekan depan dengan agenda pembacaan pembelaan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X