Kamis, 27 Februari 2020

Hasil Uji Laboratorium Nyatakan Purwakarta Bebas Antraks

- 24 Januari 2020, 06:25 WIB
HEWAN ternak dijual di Pasar Hewan Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta beberapa waktu lalu. Pemerintah daerah memperketat pengawasan hewan di sana untuk mengantisipasi penularan penyakit antraks.* /HILMI ABDUL HALIM/PR

PIKIRAN RAKYAT – ‎ Hasil uji laboratorium terhadap sampel hewan ternak di Kabupaten Purwakarta menunjukkan tidak ada indikasi penyakit antraks.

Meski demikian, pemerintah daerah setempat tetap mewaspadai penyakit tersebut.

"Dari 13 sampel hewan yang diuji di laboratorium di Subang hasilnya negatif semua (tidak terjangkit antraks)," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta Budi Supriyadi, Kamis, 23 Januari 2020.

Baca Juga: 5 Tips sederhana untuk Membuat Anak Berhenti Mengompol

Selain melakukan pengujian di laboratorium, dinas terkait juga terus melakukan vaksinasi antraks kepada hewan ternak milik warga lokal.

Penyuntikan vaksin dilakukan selama Desember 2019 hingga Januari 2020.

Program tersebut akan dilaksanakan kembali beberapa bulan kemudian.

"Sekitar Mei 2020 kita lakukan lagi vaksinasi kepada hewan-hewan ternak di Purwakarta untuk mengantisipasi penyakit antraks ini," kata Budi.

 Baca Juga: 105 Juta Daftar Penduduk Potensial untuk Pilkada 2020

Adapun pengujian sampel hewan yang diperjualbelikan, ia memastikan akan melakukannya secara rutin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X