Rabu, 1 April 2020

Puting Beliung "Gunduli" 90 Rumah Warga, Petugas Masih Hitung Total Kerugian

- 23 Januari 2020, 09:37 WIB
KONDISI salah satu rumah warga yang terkena puting beliung di Sukabumi.* /AHMAD RAYADIE/PR

PIKIRAN RAKYAT - Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Kamis 23 Januari 2020 melakukan masih menangani dan mendata warga korban bencana puting beliung di lima Kampung di Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi.

Dibantu warga, personil TNI dan Polri, Tagana, Damkar, dan PLN telah melakukan proses evakuasi.

Dari hasil pendataan sementara, akibat bencana yang terjadi Rabu 22 Januari 2020 petang tersebut, lebih dari 90 unit rumah rusak ringan dan sedang. Akibatnya, 96 keluarga atau 288 jiwa terdampak bencana.

Baca Juga: Enggan Kasus Lima Tahun Silam Terulang, Pegawai Imigrasi Sukabumi Gelar Deklarasi Birokrasi Bersih

Begitu juga dengan sarana lainnya, terinventarisasi sebanyak 1 Unit Musala rusak ringan, 1 unit madrasah rusak ringan, dan 1 unit pos ronda rusak berat.

loading...

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana kali ini. Hanya saja, banyak rumah warga kini kehilangan genting dan plafon atap rusak berat," kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna

Kendati dampak kerugian akibat bencana puting beliung belum diketahui, kata Daeng Sutisna, tapi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sebagian besar rumah warga dalam kpnsisi genting habis di babat angin kencang.

Baca Juga: Ciamis Alami Siklus Tiga Tahunan Demam Berdarah, Sudah Ada Korban Meninggal

"Sebagian besar kondisi genting hancur. Kami masih melakukan pendataan dan belum mengetahui kerugian yang diderita warga. Hanya saja, sementara mencapai puluhan juta rupiah," katanya.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X