Minggu, 29 Maret 2020

Dewan Kebudayaan Ciamis Tepis Kaitan Kerajaan Galuh dengan Kesultanan Selaco Apalagi Sunda Empire

- 22 Januari 2020, 20:57 WIB
KETUA Dewan Kebudayaan Ciamis, Yat Rospia Brata, bersama dengan kabuyutan, juru pelihara situs bersama-sama mengucapkan Deklarasi Galuh, menyikapi fenomena munculnya berbagai kerajaan atau kesultanan, Rabu, 22 Januari 2020. Pada salah satu pointnya, mereka tidak terkait dengan isu yang berkembang tentang berdirinya kerajaan-kerajaan baru.* /NURHANDOKO WIYOSO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Munculnya kerajaan atau kesultanan baru belakangan yang dikaitkan dengan Kerajaan Galuh, telah mengusik Dewan Kebudayaan beserta kabuyutan serta juru pelihara di tatar galuh Ciamis.

Dengan tegas mereka menyatakan tidak terkait dengan berdirinya kerajaan-kerajaan baru tersebut.

Seperti diketahui kemunculan Keraton Agung Sejadat (KAS) di Purworejo, Sunda Empire,  termasuk yang kembali mencuat Kesultanan Selaco atau Selacau di Tasikmalaya,  telah membuat heboh.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Serum Mata, untuk Hilangkan Mata Bengkak hingga Kantung Mata

Salah satunya karena mengaku sebagai kekaisaran dunia, selain itu juga mengklaim wilayah atau teritori serta mampu mengendalikan nuklir.

“Kami prihatin melihat perkembangan yang terjadi belakangan ini. Menyikapi hal itu Dewan kebudayaan bersama dengan juru pelihara, sepakat membuat Deklarasi Galuh. Kami memastikan bahwa Galuh tidak ada kaitannya dengan kerajaan baru tersebut,” tutur Ketua Dewan Kebudayaan Kabuaten Ciamis, Yat Rospia Brata, Kamis, 22 Januari 2020. 

loading...

Deklarasi Galuh dirumuskan spontan disela kegiatan Pendataan, penataan, pembinaan dan pelestarian cagar budaya dan permuseuman, Pembinaan Jupel, di Hotel Priangan.

Baca Juga: Memotret Meghan Markle secara Diam-diam di Kanada, Seorang Paparazi Ditegur Pangeran Harry

Naskah Deklarasi Galuh dibaca oleh Aip Saripudin (budayawan Ciamis) diikuti pengurus Dewan Kebudayaan dan peserta pertemuan.

Deklarasi Galuh terdiri dari empat poin.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X