Selasa, 25 Februari 2020

Petugas Gabungan Telusuri Kemungkinan Ada Lagi Ladang Ganja di Gunung Guntur Garut

- 20 Januari 2020, 16:00 WIB
POLISI dan TNI mengamankan pohon ganja di Gunung Guntur, Garut, Sabtu 19 Januari 2020.* /DOK. POLSEK TAROGONG KALER

PIKIRAN RAKYAT – Petugas gabungan di Garut, mencabuti tanaman pohon ganja, yang ditemukan tertanam di kawasan lereng Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler.

Puluhan pohon ganja itu didapatkan dari lokasi yang sulit dijangkau dan diduga sengaja ditanam seseorang.

Baca Juga: Sering Minta Aurel Hermansyah Masak, Ashanty: Persiapan Nikah

Ganja di Gunung Guntur, berlokasi jauh dari permukiman penduduk, atau dapat ditempuh dengan jalan kaki selama tiga jam, dengan medan jalan cukup berat.

Puluhan pohon ganja itu diperkirakan berusia tanam dua bulan, dengan memiliki tinggi sekitar 30 sampai 70 sentimeter dengan daun sudah tumbuh banyak.

Penemuan puluhan batang pohon ganja itu ada di kawasan lereng Gunung Guntur tepatnya di Blok Curug Cileungsing yang masuk wilayah Polsek Tarogong Kaler.

Baca Juga: 5 Makanan yang Boleh Dimakan Sebelum Berolahraga, dari Roti Gandum hingga Dada Ayam

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut dibantu TNI dan Polri menelusuri kawasan hutan Gunung Guntur di Kabupaten Garut, untuk mensterilkan kawasan hutan konservasi dari tanaman ganja.

"Petugas dari kami (BKSDA) bersama TNI dan polisi menyusuri lebih dalam ke lokasi, sebagai antisipasi ada ladang lainnya," kata Kepala Seksie Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Garut BKSDA, Dodi Arisandi kepada wartawan di Garut, Senin, 20 Januari 2020.

Antara melansir ia menuturkan, tanaman ganja tersebut ditemukan tumbuh di kawasan lahan BKSDA Garut atau berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler.

Baca Juga: Curhat Buruh Terlilit Utang di 20 Aplikasi Pinjaman Online, Berawal dari Butuh Mendadak Hingga Gali Lubang Tutup Lubang

Petugas gabungan telah mencabut seluruh tanaman pohon ganja itu, kemudian menyusuri kembali areal hutan untuk memastikan tidak ada lagi tanaman ganja di Gunung Guntur.

"Tanaman itu sudah kita cabuti dan diamankan ke Mapolres Garut untuk selanjutnya kita antisipasi dengan meningkatkan patroli," katanya.

Dodi menyampaikan, BKSDA Garut menyerahkan proses hukum ke Polres Garut untuk menyelidiki lebih lanjut dan mencari pelaku yang menanam ganja di Gunung Guntur Garut.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X