Rabu, 3 Juni 2020

Relawan Salurkan Bantuan Kerudung Kepada Korban Banjir di Kabupaten Bandung Barat

- 19 Januari 2020, 12:35 WIB
Penyaluran bantuan bagi korban banjir di Bandung Barat.* /RIRIN NUR FEBRIANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Banjir bandang yang menerjang sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengakibatkan harta benda para korban ikut hanyut terbawa air hingga terendam banjir lumpur. Ada yang terselamatkan namun sulit dibersihkan dari kotoran.

Berdasarkan data dari Badan Penanggungulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, bencana banjir melanda 11 lokasi di dua kecamatan pada Selasa 31 Desember 2019 sore itu. Sedikitnya 462 Kepala Keluarga (KK) dan 1.529 jiwa yang terdampak dari bencana banjir bandang tersebut.

Kondisi itu mengundang empati dari sejumlah relawan dengan mengulurkan berbagai jenis bantuan bagi. Salah satunya dari gerakan komunitas Sedekah Kerudung.

Baca Juga: Stadion GBLA 12 Tahun Lalu, Janggal Sejak Awal

Para relawan mengunjungi dua lokasi terparah yang diterjang banjir bandang yaitu Kampung Pajagalan RT 5 RW 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Padalarang dan Kampung Lebaksari RT 1 RW 2 Desa Mekarsari Kecamatan Ngamprah.

Dalam kesempatan itu, mereka memberikan bantuan berbagai kebutuhan warga terutama kerudung berbagai jenis dan ukuran. Sejumlah barang keperluan warga korban bencana juga turut diserahkan diantaranya susu anak, peralatan mandi, sabun cuci, tikar, pembalut wanita dan popok bayi, pakaian, mainan, hingga makanan.

"Kita datang untuk memberikan dukungan moril, memberikan semangat kepada para korban banjir. Mudah-mudahan bisa segera pulih lagi kondisinya," ujar Fajar Firdaus Adiparta, salah relawan Sedekah Kerudung.

Baca Juga: Sandiaga Uno dan Budi Gunawan Bebalas Kelakar Curi Start Kampanye Pilpres 2024 di Kancah Esports

Menurut Fajar, kerudung turut diserahkan kepada korban banjir karena prihatin akan banyaknya kerudung yang kotor maupun hanyut.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X