Kamis, 20 Februari 2020

Belum Masuk Medan Tawuran, Gangster Depok Berbekal Sepuluh Senjata Tajam Sudah Dibekuk Tim Jaguar

- 18 Januari 2020, 21:59 WIB
TIM Jaguar Polres Metro Depok bekuk kelompok gengster, Sabtu, 18 Januari 2020. Gangster yang berbekal senjata tanjam tersebut diduga akan menggelar tawuran.* /DOK. POLRES METRO DEPOK

PIKIRAN RAKYAT - Kota Depok belum aman dari kelompok gangster. Pada Sabtu, 18 Januari 2020 dini hari, patroli Tim Jaguar Polres Metro Depok kembali meringkus satu kelompok gangster yang diduga akan tawuran di daerah Jembatan Adikarya Sugutamu, Sukmajaya, Kota Depok.

Katim Jaguar, Iptu Winam Agus menjelaskan, terdapat 9 remaja yang diamankan. Sebagian masih berstatus pelajar. Dari tangan mereka, didapati 10 senjata tajam berupa golok dan celurit.

"Mereka memang dalam pantauan kami, karena biasa tawuran di sekitar lokasi jembatan bahkan sampai ke jalan raya Juanda," katanya saat dikonfirmasi pada Sabtu siang, 18 Januari 2020.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Presiden Esports 2020 Digelar di Bandung, Saring Bibit untuk Level Nasional dan Internasional

Senjata tajam milik kelompok gangster tersebut, kata Agus, sebagian diperoleh dari aktivitas jual beli online. Sebagian lagi sengaja dibuat sendiri.

Agus mengatakan, maraknya fenomena kelompok gangster di Depok antara lain karena ada yang mencoba ilmu kebal yang dipelajarinya. Ada pula yang memang sekadar mencari eksistensi.

"Motifnya, kebanyakan ingin cari eksistensi dan meninggikan nama sekolah atau kelompok. Jadi, mereka ingin dianggap sebagai orang yang paling ditakuti oleh gangster lain," ucapnya.

Baca Juga: Wyata Guna Bandung Jamin Layanan untuk Tunanetra yang Kembali ke Asrama hingga Mereka Lulus Kuliah

Menurut pengamat sosial Universitas Indonesia, Devie Rahmawati, motif tawuran remaja atau pelajar yang kemudian membentuk kelompok gangster ditengarai karena kurangnya ruang eksistensi yang mereka dapat. Baik di lingkungan sekolah atau ruang publik.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X