Kamis, 2 April 2020

Cuaca Buruk, Longsor dan Pohon Tumbang Rusak Rumah di Tamansari Kota Tasikmalaya

- 16 Januari 2020, 09:56 WIB
Petugas BPBD mendatangi lokasi pohon tumbang yang menimpa rumah di Kampung Cibangbay, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Rabu, 15 Januari 2020.* /Dokumentasi BPBD Kota Tasikmalaya

PIKIRAN RAKYAT – Sejumlah bencana alam berupa longsor dan pohon tumbang terjadi saat Kota Tasikmalaya diguyur hujan, Rabu, 15 Januari 2020.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Ucu Anwar menuturkan, kejadian tersebut menyebar di sejumlah tempat. Untuk longsor, kejadian itu terjadi di Kampung Sukamaju, RT 02 RW 03 Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu dengan dampak satu unit rumah terancam longsoran dengan tiga warga mengungsi.

Longsor juga terjadi di Kampung Banung, RT 01 RW 05, Kelurahan/Kecamatan Tamansari dengan empat rumah terancam serta Kampung ‎Warung Peuyeum RT 01 RW 03, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan  Tamansari yang berimbas jalan menjadi licin.

Baca Juga: Kini Sukses Jadi Youtuber, Ismi Hidayah Mengaku Pernah Dicaci-maki Penumpang saat Masih Jadi Ojek Online 

Cuaca ekstrem juga berdampak satu unit rumah di Kampung Cibangbay, RT 01 RW 04, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari tertimpa pohon. Sementara di  Kampung Sukabetah, RT 02 RW 06 Kelurahan Sukaasih, Kecamatan Purbaratu  dinding bagian atasnya sebuah rumah roboh.  

"Upaya yang dilakukan melakukan assessment,‎ melakukan penanganan darurat serta emberikan kebutuhan mendesak," kata Ucu dalam keterangan tertulis, Rabu malam. Pemantauan dan monitoring juga terus dilakukan dengan komunikasi radio, WhatsApp grup, dan call center.

loading...

Sebelumnya, cuaca buruk berdampak longsor di wilayah permukiman Karangresik RT 02 RW 10, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa, 8 Januari 2020 sekira pukul 17.00 WIB. Longsor menyebabkan satu rumah warga rusak dengan kondisi terpotong.

Baca Juga: Gaet Once Mekel untuk Nyanyikan Lagu Ciptaannya, Dul Jaelani: Terima Kasih Om 

Kediaman warga terdampak itu memang berdiri di dekat tebing yang longsor tersebut.‎ Sebagian rumah terpotong lantaran tergerus dan terbawa longsor. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan, penanganan peristiwa telah dilakukan petugas gabungan. 

"BPBD Kota Tasikmalaya langsung melakukan evakuasi dan assesment," ucap Ucu.‎ Penghuni rumah pun diungsikan sementara ke rumah tetangganya yang lebih aman.‎ Pada Kamis pagi, BPBD, TNI dan relawan bencana lainnya memasang bronjong di area longsor.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X