Rabu, 1 April 2020

Pemkab Pangandaran Akan Patenkan Ronggeng Gunung, Pindang Gunung dan Jus Honje

- 15 Januari 2020, 19:11 WIB
Tugu patung ikan merlin di jalan bunderan Pangandaran akan di hak paten kan bersama dengan tarian ronggeng gunung, pindang gunung dan jus honje oleh Pemerintah Kab Pangandaran.* /AGUS KUSNADI/KP

PIKIRAN RAKYAT - Pangandaran memiliki banyak potensi alam. Selain terkenal dengan wisatanya, Pangandaran juga kaya akan dengan seni budaya dan kulinernya yang menjadi sebuah icon di Pangandaran. 

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, ada beberapa icon yang akan diberikan hak paten seperti tarian ronggeng gunung, dari kulinernya pindang gunung dan jus honje. 

"Coba kita nanti di anggaran perubahan 2020 ini kita beri hak paten," ujar Jeje, Rabu, 15 Januari 2020.

Baca Juga: Tiru Kota Tua Jakarta, Pemkot Bandung Canangkan Larangan Parkir di Jalan Braga Panjang

Lanjut Jeje, termasuk tugu Ikan Merlin yang menjadi filosofi dalam membangun Pangandaran dan itu menjadi bagian yang utuh untuk mempatenkan ronggeng gunung, pindang gunung dan jus honje tadi yang saat ini sedang dikaji. 

loading...

Jeje menjelaskan, kenapa tugu ikan menggunakan patung ikan merlin, karena menurutnya, ikan merlin merupakan ikan yang cakap suka melompat yang tinggi ke atas permukaan laut.

"Filosofi nya bahwa Pangandaran ini baru lahir, kita harus gesit membangun dan bangkit supaya bisa menyamai dengan daerah-daerah yang sudah lama berdiri dan masyarakat bisa sejahtera dengan cepat," ujar Jeje. 

Baca Juga: Simak Cara Mudah Membuat Teh Daun Kelor yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Menurut Jeje, seperti ikan merlin gerakannya sangat gesit dan larinya juga cepat, seperti dalam kurun waktu 3 sampai 4 tahun masa jabatan sebagai bupati bersama Wakil Bupati Adang Hadari dengan gencar membangun infrastruktur dan meningkatkan pelayanan dengan membangun puskesmas dan rumah sakit juga melaksanakan hal-hal yang mendasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.***

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X