Rabu, 29 Januari 2020

Laju Pertumbuhan Ekonomi 2019 Melambat, Jumlah Penduduk Miskin Jawa Barat Turun

- 15 Januari 2020, 17:36 WIB
ILUSTRASI angka kemiskinan.*/ DOK.PIKIRAN RAKYAT /DOK. PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Tren penurunan angka kemiskinan di Jawa Barat terus berlanjut. Terbaru, Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar mencatat penduduk miskin di wilayah ini pada September 2019 berjumlah 3,38 juta jiwa atau setara dengan 6,82% dari sebelumnya 3,4 juta jiwa per Maret 2019 (6,91%).

Selama kurun waktu satu semester terjadi penurunan jumlah penduduk di Jabar sebanyak 23,27 ribu jiwa.

Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar Gandari Adianti mengatakan jumlah penduduk miskin di wilayah ini terus turun. Secara umum pada periode 2014-Maret 2019 tingkat kemiskinan di Jabar menunjukkan tren menurun baik dari sisi jumlah maupun persentasenya.

Baca Juga: Membuat Kondisioner Rambut Alami, Cukup dengan Cuka dan Telur

Akan tetapi, meski angka kemiskinan Jabar terus turun dari waktu ke waktu, penurunannya kian landai. Melambatnya penurunan tersebut diprediksi dikarenakan dipengaruhi laju pertumbuhan ekonomi Jabar pada 2019 yang melambat.

“Secara makro yang menahan laju penurunan kemiskinan karena pertumbuhan ekonomi sedikit melambat. Jadi agak tertahan terutama yang di daerah perkotaan. Jika perekonomian lebih baik, penurunannya akan lebih dirasakan karena beberapa program yang dilakukan pemerintah sudah cukup baik untuk menurunkan kemiskinan melalui pemberian bantuan,” katanya di Bandung, Rabu 15 Januari 2020.

Berdasarkan daerah tempat tinggal, pada periode Maret – September 2019 jumlah penduduk miskin di daerah perkotaan turun 3 ribu jiwa. Sedangkan jumlah penduduk miskin di daerah perdesaan turun 2,26 ribu jiwa.

Baca Juga: Geger Penemuan Kerangka Manusia dalam Posisi Seperti Duduk, Identitas dan Penyebab Kematian Belum Terungkap

Jumlah penduduk miskin di perkotaan 2,27 juta jiwa atau setara dengan 5,98%. Sedangkan di wilayah perdesaan 1,11 juta jiwa atau 9,58%.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X