Rabu, 29 Januari 2020

Mengenal Pahlawan Naseh, “Orang Berbahaya” yang Jadi Nama Jalan di Tasikmalaya

- 15 Januari 2020, 12:52 WIB
PAPAN nama Jalan Kapten Naseh di Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa 14 Januari 2020.* /BAMBANG ARIFIANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT – Nama jalan yang membentang di Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya itu, menyimpan kisah tokoh pejuang ­revolusi ­kemerdekaan asal Tasikmalaya. ­Namanya memang tak ­terlalu banyak dikenal warga saat ini. Nama jalan itu ialah Kapten Naseh.

Tuti Karsuti (83), putri Kapten Naseh, berkisah tentang se­pak terjang ayahnya itu, saat ditemui di rumahnya, Jalan Kapten Naseh Nomor 34, Kelurahan Panglayungan, Selasa 14 Januari 2020. Antara lain saat Naseh akan dihukum mati.

”Waktu itu ayah sudah dibawa oleh tentara Belanda ke Lembang untuk dieksekusi. Ayah dihukum karena melawan penjajah,” ujar Tuti.

“Pada saat bersamaan, tentara Jepang masuk Bandung. Pesawat Jepang menembaki mobil yang membawa Bapak sehingga mobil ke selokan. Tapi, saya tidak terlalu ingat kapan kejadiannya,” katanya.

Baca Juga: Gugatan Anak Pahlawan Nasional Jenderal Besar AH Nasution Ditolak, Pemkot Lolos dari Jeratan Hukum

pahlawanBaca Juga: Hari Pahlawan, PT DI Ekspor Satu Pesawat ke Thailand

FOTO Kapten Naseh di kediaman putrinya, Jalan Kapten Naseh Nomor 34, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa 14 Januari 2020.*
FOTO Kapten Naseh di kediaman putrinya, Jalan Kapten Naseh Nomor 34, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa 14 Januari 2020.*

Meski Jepang masuk, bukan berarti Naseh bebas. Dia kembali dijebloskan ke penjara di Tasikmalaya karena namanya sudah kadung masuk daftar sebagai "orang berbahaya".

Naseh juga menjadi saksi saat KH Zainal Mustafa dimasukkan ke da­lam bui di Tasikmalaya oleh tentara Jepang karena memimpin pembe­rontakan di Pesantren Sukamanah, Singaparna. Naseh lebih dulu masuk penjara ketimbang sang kiai.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X