Senin, 30 Maret 2020

Hoaks Bendungan Jatiluhur Kirim Banjir ke Bekasi, Pengelola Beri Penjelasan

- 12 Januari 2020, 15:39 WIB
KONDISI Bendungan Ir H Djuanda atau Waduk Jatiluhur di Purwakarta. Perum Jasa Tirta II membantah kabar bahwa banjir di Bekasi dan sekitarnya beberapa waktu lalu terjadi karena kondisi waduk ini.* /DOK. PERUM JASA TIRTA II

PIKIRAN RAKYAT - Perum Jasa Tirta II membantah kabar yang beredar di masyarakat bahwa pintu bendungan jatiluhur telah dibuka dan akan sampai di bekasi pada tengah malam.

Sekeratris Perusahaan Jasa Tirta II Dadan Hidayat mengatakan sampai saat ini kondisi bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) masih sangat aman dan kondusif.

Ketinggian air waduk saat ini 91,21 mdpl ke elevasi cadangan banjir waduk pada elevasi 106,5 mdpl. Dengan demikian Waduk Jatiluhur masih mampu menampung volume air hingga 1,024 Milyar M3. 

"Air yang dikeluarkan saat ini dari Bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) adalah melalui pintu pembangkit listrik (PLTA) sesuai dengan rencana, yaitu dengan mengoperasikan 3 unit turbin  pembangkit PLTA dari 6 unit yang terpasang. Sehingga tidak benar bahwa Bendungan Ir. H. Djuanda membuang air dengan membuka seluruh pintu pembuang," ujar dia melalui siaran pers di Jakarta, Minggu 12 Januari 2020.

Baca Juga: Persib Harap-harap Cemas, Terancam Tak Punya Kandang dan Bisa Terusir Jelang Liga 1 2020

loading...

Dia mengatakan, bendungan Ir. H. Djuanda (Jatiluhur) tidak terkoneksi ke sungai-sungai di Kabupaten/Kota Bekasi. Sehingga sangat tidak relevan menghubungkan banjir Bekasi dengan bendungan Jatiluhur.

"Maka kepada masyakat kami peringatkan untuk tidak mudah percaya terhadap berita palsu yang telah dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujar dia.***

 


Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X