Minggu, 31 Mei 2020

Gempa Bumi Guncang Pangandaran hingga Pangalengan, BPBD: Tak Ada Kerusakan

- 11 Januari 2020, 17:44 WIB
Pantai Pangandaran.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Kabupaten Pangandaran Jawa Barat diguncang gempa bumi berkekuatan 4,5 magnitudo pada Sabtu 11 Januari 2020 yang berpusat di barat daya Pangandaran.

Namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pangandaranmenyatakan gempa bumi tidak menimbulkan kerusakan pada infrastruktur, fasilitas umum maupun pemukiman rumah penduduk.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena mengatakan, petugas dari BPBD telah diterjunkan ke lapangan untuk meninjau langsung berbagai tempat sesaat setelah terjadi gempa bumi yang terjadi pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Fabiano Tidak Sabar Bela Persib Bandung di Turnamen Asia Challenge 2020

"Alhamdulillah setelah dilakukan pemantauan ke berbagai lokasi, tidak ada kerusakan," kata Ruhena, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi di Pangandaran merupakan gempa dangkal akibat aktivitas penyebaran di dasar laut pada bagian dalam dari Lempeng Eurasia.

Gempa bumi itu dirasakan masyarakat wilayah Kabupaten Pangandaran, Ciamis, Garut dan Tasikmalaya kemudian Pangalengan di Kabupaten Bandung dan Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga: Kanada Peringatkan Iran, Seluruh Dunia Sedang Mengamatinya

BMKG menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Gempa bumi ini merupakan yang ketiga dalam sepekan terakhir setelah sebelumnya juga terjadi di titik yang berdekatan pada Senin, 6 Januari 2020 dan Kamis, 9 Januari 2020 lalu masing-masing berkekuatan M5,1 dan M4,8.

Menurut informasi dari BMKG yang diterima Pikiran-Rakyat.comgempa bumi yang miliki kekuatan magnitude sebesar 4.5 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.17 LS – 107.91 BT.

Baca Juga: Pesawat Ukraina Jatuh Ditembak Rudal Iran, Pemilik: Tidak Menyangka, Mereka Orang-orang Terbaik Kami

ampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, dan Garut.

Di wilayah-wilayah tersebut, skala intensitas yang terjadi berada pada skala II-III MMI. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X