Sabtu, 28 Maret 2020

Antisipasi Bencana Susulan, Warga Cimahi Gotong Royong Bersihkan Material Longsor

- 1 Januari 2020, 15:27 WIB
Warga gotong royong dalam mengantisipasi bencana alam susuna di Cimahi.* /HARRY SURJANA/PR

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat di sejumlah lokasi bencana di Kota Cimahi melakukan penanganan sementara dengan bergotong royong, Rabu 1 Januari 2020. Aksi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi bencana susulan.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi melansir sedikitnya 18 titik bencana terjadi di Kota Cimahi sepanjang malam tahun baru 2020, Selasa 31 Desember 2019.

Jenis bencana yang terjadi mulai dari 11 titik longsor dan beberapa diantaranya menyebabkan rumah rusak, 1 unit rumah roboh, 4 titik banjir, dan 2 titik pohon tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun korban mengalami kerugian material.

Baca Juga: Dua Pengguna Narkoba Diamankan Polresta Bandung dalam Razia Malam Tahun Baru di Ciwidey

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Nanang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Cimahi Emir Faisal, mengatakan upaya yang dilakukan BPBD Kota Cimahi yaitu melakukan assessment kaji cepat ke lokasi kejadian, berkoordinasi dengan warga setempat, serta memberikan bantuan logistik. 

loading...

"Penanggulangan bencana di beberapa titik sekarang ada gotong royong di masyarakat. Ada juga penanganan oleh dinas terkait seperti DPKP, Damkar. Kami juga dari BPBD support kebutuhan logistik yang dibutuhkan dalam rangka pembersihan," ujarnya.

Sejauh ini upaya yang dilakukan assessment penaksiran kerusakan dan kerugian terdampak bencana.

"Hasil assessment dikoordinasikan ke dinas terkait untuk penanganan lanjutan. Diperlukan juga assessment mitigasi bencana dalam upaya pencegahan longsor lanjutan," tuturnya.

Baca Juga: Jamu Prabowo di Gedung Agung Yogyakarta, Jokowi: Tamu Besar Pertama di 2020

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X