Senin, 24 Februari 2020

Deretan Pejabat di Jawa Barat yang Tersangkut Kasus Korupsi, Kepala Daerah Mendominasi

- 31 Desember 2019, 12:00 WIB
EKSPRESI bupati nonaktif Bekasi, Neneng Hasanah Yasin saat menjalani sidang kasus suap proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu 15 Mei 2019. Dalam sidang tersebut Neneng Hasanah meneteskan air mata ketika membacakan pledoi di hadapan Majelis Hakim.* /ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PIKIRAN RAKYAT - Sepanjang 2019, terhitung ada tujuh kasus korupsi telah menjerat nama sejumlah pejabat daerah maupun pemimpin daerah di Jawa Barat.

Ketujuh di antaranya terdiri atas kasus yang sudah dijatuhi vonis hakim di sidang pengadilan maupun hanya baru menyeret nama pejabat menjadi tersangka, baik yang dilakukan KPK atau institusi hukum lainnya.

Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin

Salah satunya kasus yang cukup menyita perhatian yakni kasus suap perizinan pembangunan kompleks terpadu Meikarta di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Kasus Korupsi Bupati Indramayu Mulai Disidangkan, Penyuap Diancam Penjara 5 Tahun

Baca Juga: Bambang Soesatyo Paparkan Data Pencegahan Korupsi di Indonesia Masih Kalah dari Tetangga

Berdasarkan letak proyek itu, tentunya sebagai kepala daerah, Neneng Hassanah Yasin yang pada saat itu menjadi Bupati Bekasi terseret namanya hingga masuk ke dalam penjara atas vonis Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

TERDAKWA kasus dugaan suap proyek Meikarta, Neneng Hasanah Yasin menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum saat menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Bandung, Rabu 10 April 2019.*
TERDAKWA kasus dugaan suap proyek Meikarta, Neneng Hasanah Yasin menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum saat menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Bandung, Rabu 10 April 2019.*

Kasus suap itu berawal dari Neneng yang diduga menerima aliran suap dari Mantan Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro untuk memuluskan perizinan proyek Meikarta bersama empat terdakwa yang juga pejabat dinas Pemkab Bekasi. Sidang perdana kasus Neneng tersebut digelar pada Rabu 27 Februari 2019.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X