Senin, 27 Januari 2020

Tak Dilengkapi Baterai, Bantuan Kapal Sampah yang Diterima Pemkot Bekasi Belum Bisa Digunakan

- 16 Desember 2019, 17:22 WIB
/RIESTY YUSNILANINGSIH/PR

BEKASI, (PR).- Pengoperasian kapal pembersih sampah yang diterima Kota Bekasi dari hibah Green Cycle-Schwarz dan One Earth One Ocean terkendala ketiadaan baterai penggerak. Kapal pembersih buatan Jerman tersebut diperkirakan baru bisa dioperasikan pada Maret 2020.

Managing Director Waste4Change, Bijaksana Junerosano selaku fasilitator pengadaan hibah kapal mengatakan, upaya mendatangkan baterai penggerak kapal cukup rumit.

"Butuh izin berlapis, sehingga pengadaannya hingga sampai Bekasi ini butuh waktu lama," ucap Sano, Senin 16 Desember 2019.

Sano memperkirakan, baterai tersebut baru tiba pada Februari 2020. Lalu setelah serangkaian persiapan, pada Maret 2020, kapal pembersih sampah yang dinamai See Hamster tersebut bisa mulai dioperasikan.

Baca Juga: Tiap Hari 8,32 Ton Sampah Masuk Teluk Jakarta, Tiga Daerah Jadi Pemasoknya

Namun selama menanti kedatangan baterai, Sano mengatakan Waste4Change akan memulai studi terkait sampah di Kali Bekasi pada kurun 20 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.

"Kami akan meneliti perihal jenis juga jumlah sampah yang dibuang ke Kali Bekasi untuk selanjutnya dipelajari mana yang bisa diolah untuk didaur ulang," katanya.

Studi juga akan ditujukan untuk mencari tahu titik lokasi yang tepat untuk pengumpulan sampah hasil pengangkutan kapal pembersih.

Baca Juga: Permukaan Sungai Citarik Mulai Naik, Waspada Kiriman Sampah

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X