Pemkab Bekasi Tetapkan Tujuh Desa Rentan Rawan Pangan

- 15 Desember 2019, 20:28 WIB
ILUSTRASI kebutuhan pokok di pasar tradisional.* /ADE MAMAD/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan tujuh desa di lima kecamatan sebagai rentan rawan pangan.

Penetapan itu sebagai bagian dari upaya untuk memastikan desa yang rentan itu tetap mendapatkan pasokan pangan yang cukup.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Wahyudi Asmar mengatakan, untuk mengendalikan harga, pihaknya telah menentukan sejumlah desa rentan rawan pangan.

Baca Juga: Kampung Inggris Sempur Bogor, Cara Murah Belajar Bahasa Inggris

Berdasarkan hasil kajian, desa yang ditetapkan rentan itu selanjutnya bakal mendapatkan subsidi berupa bahan pangan murah.

“Setiap 2 atau 3 tahun sekali kami memetakan dan mengkaji, bagaimana kondisi kerawanan pangan di Kabupaten Bekasi, yang hasilnya terdapat 5 Kecamatan dan 7 desa rentan rawan pangan,” kata Wahyudi, Minggu 15 Desember 2019.

Ketujuh desa rawan pangan itu yakni Desa Pantai Bahagian, Kecamatan Muaragembong, Desa Karangsegar dan Desa Karang Patri, Kecamatan Pebayuran, Desa Sukamurni dan Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukakarya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur, dan Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu.

Baca Juga: Anak dan Cucu Perusahaan BUMN Bikin Bisnis Melempem

“Beberapa yang menjadi indikator wilayah kerentanan ketahanan pangan aspek ketersediaan pangan seperti indikator rasio warung terhadap rumah tangga. Kemudian ada juga aspek keterjangkauan pangan dengan indikator rasio penduduk dengan status kesejahteraan terendah. Ini kami petakan kemudian diberikan subsidi bahan pangan murah. Ini sebagai bagian dari mengendalikan harga,” ucap dia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X