Jumat, 24 Januari 2020

Kampung Inggris Sempur Bogor, Cara Murah Belajar Bahasa Inggris

- 15 Desember 2019, 20:18 WIB
WALI Kota Bogor Bima Arya menjadi guru bahasa Inggris dadakan saat peresmian Kampung Inggris Sempur di Taman Ekspresi, Kota Bogor, Sabtu 14 Desember 2019.* /WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

TINGGINYA biaya bimbingan belajar bahasa Inggris di Kota Bogor membuat Lurah Sempur Marissa menginisiasi untuk menciptakan Sempur English Camp (SECA) atau Kampung Inggris Sempur.

Bagi Marissa, SECA bukan sekadar tempat belajar bahasa Inggris. Lebih dari itu, SECA menjadi salah satu upaya Kelurahan Sempur untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan di wilayahnya.

Sebulan pasca dilantik sebagai lurah, Marissa berpikir keras untuk mencari cara bagaimana caranya agar warga Sempur dapat diberdayakan melalui jalur pendidikan.

Terinsipirasi dari Kampung Inggris di Pare, Jawa Timur, Marissa kemudian mencoba menyusun program untuk menjadikan Kelurahan Sempur sebagai Kampung Inggris.

Baca Juga: Ijtima 3.000 Ulama Akan Digelar di Bogor, Corong Pesan Perdamaian

“Di Sempur, ada 415 keluarga prasejahtera. Dengan biaya les Bahasa Inggris yang mahal, belum tentu mereka bisa memberikan edukasi Bahasa Inggris kepada anak-anaknya. Dari situ, SECA lahir. Anak-anak warga di sini bisa belajar Bahasa Inggris dengan hanya membayar Rp 25 ribu perbulan,” ujar Marissa, Minggu 15 Desember 2019.

Sejak September 2019, SECA sudah memiliki murid sekitar 160 yang mayoritas berasal dari Kelurahan Sempur.

Saat ini, sudah ada lima kelompok belajar yang tersebut yakni di RW 3,5,6, 7 dan di Kantor Kelurahan Sempur.

Pengajarnya sendiri bervariasi mulai dari anak kuliahan, guru bahasa Inggris, hingga dosen perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X