Senin, 27 Januari 2020

Gugatan Anak Pahlawan Nasional Jenderal Besar AH Nasution Ditolak, Pemkot Lolos dari Jeratan Hukum

- 12 Desember 2019, 10:57 WIB
ILUSTRASI Hukum.* /Pixabay

CIREBON, (PR).- Permohonan gugatan perdata yang dilayangkan Hendrianti Sahara Nurdin, anak dan satu-satunya ahli waris pahlawan nasional Jenderal Besar AH Nasution kepada Pemkot Cirebon, ditolak Majelis Hakim Pengadilan Negeri Cirebon, dalam sidang yang digelar Rabu, 11 Desember 2019.

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang diketuai Indira Patmi, menyebutkan pertimbangan penolakan gugatan perdata dengan tuntutan ganti rugi material dan immaterial sebesar Rp 6,5 miliar tersebut adalah karena perkara ini merupakan gugatan yang berulang.

"Untuk menghindari putusan yang saling bertentangan satu sama lain, majelis hakim memutuskan menolak gugatan yang diajukan penggugat," ujar Indira Patmi saat membacakan putusan.

Baca Juga: Canggih, Pedagang Pasar di Cirebon Bayar Retribusi Pakai QR Code

Majelis hakim menilai, gugatan perdata kepada Pemkot Cirebon yang diajukan penggugat, masih berkaitan dengan perkara lain yang belum berkekuatan hukum tetap, karena masih dalam proses banding di Pengadilan Tinggi Bandung.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, tuntutan ganti rugi yang diajukan anak Jenderal Besar AH Nasution bermula dari penggunaan dua bidang tanah status HGB milik AH Nasution seluas total sekitar 558 meter persegi, untuk jalan dan trotoar di Jalan Benteng Kota Cirebon.

Alih-alih memberikan ganti rugi, pemanfaatan tanah saat proyek pelebaran jalan yang diperkirakan dilaksanakan pada tahun 1985-1990 itu, bahkan tidak meminta izin atau sekadar pemberitahuan kepada pemilik tanah.

Hendrianti baru mengetahui almarhum ayahnya memiliki tanah di Kota Cirebon, setelah notaris Nani Susanti mengembalikan dua sertifikat HGB tersebut pada 9 April 2015.

Baca Juga: BJ Habibie Dinobatkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Pers Indonesia

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X