Rabu, 29 Januari 2020

Peringati Hari HAM Ke-71 Sedunia, Ridwan Kamil Berpesan HAM Perlu Dijunjung Tinggi.

- 10 Desember 2019, 21:02 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /instagram.com/@ridwankamil

PIKIRAN RAKYAT - Tanggal 10 Desember 2019 bertepatan dengan Hari Hak Asasi (HAM) sedunia. Hari tersebut diperingati oleh sejumlah pejabat di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika Kota Bandung.

Pejabat yang datang diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum , dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Perayaan tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Indonesia.

Baca Juga: Temukan Pipa Air Diduga Ilegal, BUMD Lapor ke Perhutani

Pada tahun ini, perayaan Hari Hak Asasi Manusia sudah memasuki tahun ke-71.

Isu yang diangkat menjadi topik pembicaraan terfokus pada penyelesaian isu HAM dari kelompok yang dinilai rentan yakni perempuan, anak dan penyandang disabilitas.

Oleh sebab itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berpesan bahwa penegakan HAM bukan hanya amanat konstitusi, tapi juga perlu dijunjung agar nilai-nilai kemanusiaan beragama menjadi dasar hubungan antar pemerintahan dengan rakyat.

Baca Juga: SERASI, Program Senam Tera Lansia yang Rutin Digelar RS Intan Husada Garut

Kang Emil pun mengakui, kasus HAM di Indonesia memang masih menjadi persoalan. Namun pmerintah pusat maupun daerah akan terus bersinergi guna menyelesaikan masalah HAM yang terjadi.

Selain membahas penyelesaian isu yang terkait HAM, pemerintah juga harus memenuhi hak atas pendidikan dan kesehatan bagi seluruh tingkatan masyarakat.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: BAPPEDA Jabar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X