Senin, 30 Maret 2020

ASN Dilarang Lakukan Ini dengan Paslon Pilkada 2020, Dilanggar Dikenai Sanksi Ganda

- 10 Desember 2019, 14:45 WIB
RAPAT Koordinasi Stakeholder Pilkada Kabupaten Bandung 2020.* /HANDRI HANDRIANSYAH/PR

PIKIRAN RAKYAT - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung yang melakukan pelanggaran setelah penetapan pasangan calon, terancam sanksi ganda.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga pada Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, hal itu merupakan salah satu kesimpulan dari hasil Rapat Koordinasi Stakeholder Pilkada Kabupaten Bandung 2020, Senin 9 Desember 2019.

Sanksi ganda tersebut adalah sanksi administratif dan pidana pemilu. "Kalau pelanggaran dilakukan sebelum penetapan paslon, kemungkinan sanksi yang diberikan sebatas administratif," ujarnya saat dihubungi Selasa 10 Desember 2019.

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, PT KAI Lakukan Inspeksi Kesiapan Jalur

Menurut Hedi, pemberian sanksi administratif pun baru akan dilakukan setelah Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada Komisi ASN. Oleh karena itu dipastikan sanksi tersebut jatuh sesuai prosedur.

loading...

Lain halnya dengan pelanggaran yang dilakukan setelah penetapan paslon. Soalnya selain masalah netralitas, pelanggaran yang dilakukan juga bisa memenuhi unsur pidana pemilu.

Hedi menambahkan, Pasal 71 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 menegaskan bahwa pejabat negara, pejabat daerah, ASN, anggota Polri/TNI dan kepala desa atau lurah dilarang membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu paslon. Oleh karena itu sanksinya pun cukup tegas.

Baca Juga: Jokowi Sudah Kantongi Nama Dewan Pengawas KPK

"Selain itu, bupati/wakil bupati dilarang menggunakan kewenangan program dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu paslon di daerah sendiri ataupun daerah lain. Hal itu berlaku sejak enam bulan sebelum penetapan paslon hingga akhir masa jabatannya," kata Hedi.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X