Jumat, 24 Januari 2020

Literasi Digital untuk Pelajar dan Orang Tua Siswa di Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya

- 8 Desember 2019, 16:41 WIB
SUASANA kegiatan literasi media digital di SD Negeri 1 Manggungjaya, Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (8/12/2019). Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya hoaks, kecanduan gawai dan memanfaatkan media sosial untuk membuat karya kreatif.*/DOK ISTIMEWA /

SINGAPARNA, (PR).- Prihatin dengan maraknya peredaran hoaks dan kecanduan gawai di masyarakat membuat Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi (IDIK) Alumni Unpad menggelar kegiatan literasi media digital di Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu, 8 Desember 2019.

Para peserta yang berasal dari pelajar dan warga diajari menggunakan media sosial guna menghasilkan karya kreatif dan mampu mendeteksi informasi hoaks atau kabar bohong.

Kegiatan tersebut berlangsung di Sekolah Dasar Negeri 1 Manggungjaya, Rajapolah, Minggu pagi.

Baca Juga: Lagi, Bencana Banjir dan Tanah Longsor Rusak Rumah Warga Sukabumi

Peserta dibagi dalam dua kelas terpisah masing-masing untuk pelajar SMP/SMA di sekitar Rajapolah serta para orang tua siswa dan guru.

Bidang III Kemitraan, Media dan Publikasi IDIK Dr Husnita, SE, MSi, CPR menuturkan, literasi media digital merupakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat menyambut peringatan ulang tahun ke-2 IDIK Alumni Unpada pada 13 Desember 2019.

Sebelumnya, acara serupa telah digelar di SD di wilayah Grogol, Jakarta. Ada 80 peserta dalam kegiatan tersebut.

Untuk peserta di kelas SMP/SMA, kegiatan yang dilakukan berupa pemutaran video motivasi tentang pemanfaatan gawai, media sosial guna membuat karya kreatif sekaligus memasarkannya.

Para peserta yang masih berstatus pelajar itu diberikan motivasi agar bisa mandiri dan terjun dalam dunia enterpreneur atau wirausaha.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X