Senin, 27 Januari 2020

Kejurda Berkuda Digelar, Wagub: Pacuan Kuda Cibogo akan Dibenahi dari APBD 2020

- 8 Desember 2019, 14:57 WIB
KEJUARAAN Daerah (Kejurda) berkuda Piala Gubernur Jawa Barat di Gelanggang Pacuan Kuda Cibogo, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Minggu 8 Desember 2019.* /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

SUMEDANG, (PR) - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Berkuda Piala Gubernur Jawa Barat di Gelanggang Pacuan Kuda Cibogo, Kecamatan Tanjungsari, Sumedang, Minggu 8 Desember 2019.

Wagub berharap dari 150 peserta lahir atlet-atlet berkualitas Jabar yang akan diikut sertakan di event bergengsi dengan level lebih tinggi.

"Mudah-mudahan akan lahir atlet berkuda yang akan mengharumkan nama Jabar," harapnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga kini tengah fokus salah satunya pembinaan atlet berkuda termasuk peningkatan sarana prasarana. Lapangan pacuan kuda yang merupakan venue adalah hasil relokasi pacuan kuda Arcamanik Bandung. 

"Kami fokus dan memberikan perhatian kepada atlet berkuda termasuk sarana pacuan kudanya. Kami memiliki lapangan pacuan kuda yang representatif dan strategis seperti di sini (Cibogo, red)," ujar Uu.

Baca Juga: Luluskan 150 Tamtama, Danpussenif Kodiklatad: Hilangkan Sikap Sombong dan Arogan

Namun demikian ada beberapa fasilitas di arena tersebut yang harus ditingkatkan. Uu mengatakan, Pemprov Jabar akan mengupayakan menggunakan APBD 2020 untuk membenahi pacuan kuda Cibogo.

"Ada sarana yang harus kami tingkatkan, Insyaallah nanti di anggaran tahun 2020 akan kami upayakan," katanya.

Selain untuk menjaring atlet berkuda, kejurda berkuda ini juga bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena terdapat unsur wisata. Ribuan warga Sumedang dan kota di sekitarnya terlihat memadati arena pacuan kuda Cibogo.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X