Rabu, 29 Januari 2020

Sampaikan Aspirasi dengan SuperApps Sapawarga

- 8 Desember 2019, 09:58 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil secara resmi meluncurkan aplikasi Sapawarga dalam acara Jabar Digital Innovation Awards (JDIA) 2019 di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat 6 Desember 2019.* /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG, (PR) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara resmi meluncurkan aplikasi 'Sapawarga' sebagai bentuk implementasi inovasi teknologi dalam melayani publik pada acara Jabar Digital Innovation Awards (JDIA) 2019 di The Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat 6 Desember 2019.

"Hari ini satu lompatan transformasi digital Jawa Barat dilakukan, yaitu merilis SuperApps Sapawarga yang hadir di puluhan ribu Ketua Rukun Warga (RW)," kata Ridwan Kamil.

Sebagai media komunikasi bagi warga Jabar, SuperApps Sapawarga ini memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui fungsi menampung aspirasi, menjembatani jalur komunikasi, dan menjadi pintu akses layanan publik secara online.

Baca Juga: Langka, Amerika Serikat dan Iran Lakukan Pertukaran Tahanan

Gubernur yang akrab disapa Emil ini menjelaskan bahwa para Ketua RW di Jabar akan dipinjami smartphone dengan aplikasi Sapawarga di dalamnya untuk memudahkan proses komunikasi dengan Pemprov Jabar.

"Juga sebaliknya, kalau provinsi punya program yang mau disurvei atau disosialisasikan bisa lewat Sapawarga," tambah Emil.

Selain itu, Emil berujar bahwa aplikasi tersebut sekaligus menjadi platform untuk memberantas hoaks karena terintegerasi dengan unit kerja Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks.

"Keunggulannya (Sapawarga) seperti sosial media, tapi terekam proses komunikasinya," kata Emil.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Setiaji sementara itu menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran sekira Rp 60 miliar untuk menyediakan unit smartphone seharga masing-masing Rp 1,3 juta untuk para Ketua RW se-Jabar.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X