Minggu, 23 Februari 2020

Jawara Puisi se-Indonesia Bakal Adu Cakap di Tasikmalaya

- 7 Desember 2019, 13:12 WIB
ILUSTRASI menulis.* /UNSPLASH

TASIKMALAYA, (PR).- Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya bakal menggelar lomba baca puisi antarmaster se-Indonesia, 11-12 Desember 2019. Kegiatan tersebut menjadi ajang para juara lomba puisi di berbagai daerah di Tanah Air unjuk kemampuan di Kota Tasikmalaya.

Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) Bode Riswandi mengungkapkan, acara lomba yang mempertemukan para juara itu merupakan bentuk atau nuansa baru yang digagas DKKT. Saat ini, lanjutnya,‎ lomba baca puisi sudah sering berlangsung di berbagai tempat dari skala lokal sampai nasional.

"Kemudian dari tahun ke tahun selalu muncul para juara baru, dengan berbagai cara, gaya, dan pesona. Bahkan, ada juga yang aneh-aneh dan lucu," kata Bode dalam keterangan tertulisnya, Jumat 6 Desember 2019.

Baca Juga: Cerita Oyon dan Pentas Boneka Berjoget di Jalanan Tasikmalaya

Hal positif pun muncul terkait semakin hidupnya puisi melalui berbagai kegiatan pembacaanya. "‎Kehadiran mereka para pembaca dari berbagai kalangan profesi yang tak pernah absen dalam perhelatan ini membuat puisi menjadi lebih terakrabi di medan pentas," ujarnya.

Iklim positif itu harus tetap terjaga agar penyair terangsang terus mencipta puisi dan karyanya menyelusup ke berbagai kalangan. "Untuk menyambung tongkat estafet ini, serta untuk mencari nuansa baru dalam lomba baca puisi, kami mencoba berselancar ke dunia maya dan bertanya kepada mereka yang pernah terlibat dalam berbagai lomba baca puisi," ucap Bode.

Baca Juga: Bobol Tujuh Minimarket, Komplotan Pencuri Diringkus Polres Tasikmalaya

Hasilnya, nyaris tak ada ajang lomba yang mempertemukan para juara lomba baca puisi dari berbagai penjuru Tanah Air. "Dengan semangat itulah, Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya menggelar Lomba Baca Puisi Antarmaster se-Indonesia," kata Bode.

Sekretaris DKKT Kepler Sianturi menambahkan, kegiatan berlangsung di Gedung DKKT, Kompleks Dadaha, Kota Tasikmalaya, 11-12 Desember 2019. Para juara bakal unjuk kemampuan dan turun dari berbagai paguron. ‎

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X