Rabu, 26 Februari 2020

Hipertensi Dominasi Penyakit Warga Kampung Naga

- 5 Desember 2019, 22:52 WIB
MAHASISWA dan Dosen Universitas Indonesia berbaur dengan warga Kampung Naga, Kabupaten Tasikmalaya pada 28-30 November 2019. UI melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan dan deteksi dini penyakit warga Kampung Naga.*/DOK HUMAS UI /

SINGAPARNA, (PR).- Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menggelar program pengabdian masyarakat (Pengmas) di Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut bertujuan mempromosikan kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat untuk pencegahan penyakit tidak menular pada masyarakat.

Pengmas yang berlangsung pada 28-30 November 2019 berlangsung dengan sejumlah acara berupa penyuluhan pencegahan hipertensi, penyuluhan enam langkah mencuci tangan pakai sabun, deteksi dini kesehatan anak-anak dan warga.

Baca Juga: 21.504 Hektare Lahan Kritis di Purwakarta Disoroti DPRD Jawa Barat

Pelaporan hasil deteks dini itu disampaikan kepada pihak desa. Penyuluhan disampaikan dalam bahasa Sunda sehingga masyarakat mudah memahami materi yang disampaikan.

Penyuluhan dilakukan tidak hanya dengan pemberian materi. Tim Pengmas juga mengajak anak-anak‎ bermain ular tangga terkait promosi kesehatan tersebut.

Dengan cara itu, penyampaian pesan-pesan kesehatan diberikan dengan cara menyenangkan.

“Kegiatan Pengmas ini merupakan wujud kontribusi FIK UI dalam mendukung pembangunan kesehatan Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya yang kami punya dan masyarakat," kata Ketua tim Pengmas FIK UI Dr Enie Novieastari,S.Kp, MSN dalam keterangan tertulis Humas UI, Kamis, 5 Desember 2019.

Tim, lanjutnya, ingin mengingatkan kembali masyarakat bahwa perilaku sehat harus ditanamkan sejak dini. "Agar tercipta masyarakat yang sehat di masa datang," katanya.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X