Kamis, 23 Januari 2020

Putra B.J. Habibie Bicara Perkembangan Pembuatan Pesawat R-80

- 5 Desember 2019, 18:39 WIB
MINIATUR pesawat CN-235 dipajang di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Kamis 5 Desember 2019.* /WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

APA mimpi yang belum diwujudkan almarhum B.J. Habibie? Pertanyaan itu terlontar dari seorang peserta dalam sebuah sesi tanya jawab pada bincang-bincang yang digelar di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Kota Bogor, Kamis 5 Desember 2019.

Mendengar pertanyaan itu, salah satu anak B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie menjawab singkat. “Pesawat R-80,” kata Ilham.

Sejak dulu, mantan Presiden ke-3 Indonesia B.J. Habibie memang memimpikan terwujudnya pesawat R-80. Saat ini, Yayasan Habibie-Ainun sedang berupaya mewujudkan mimpi itu. 

Ilham menyebut, saat ini progres perwujudan pesawat R-80 sudah mencapai pengembangan desain.

Mereka juga sedang dalam proses mencari partner untuk merealisasikan mimpi tokoh yang berjasa di bidang teknologi untuk Indonesia tersebut.

Baca Juga: Dua Dosen UI Raih Habibie Award

“Ini yang belum dilakukan. Impian itu harus diwujudkan. Realisasi itu sebagai satu simbol bahwa sebagai bangsa dan negara, kita mampu menyelesaikan itu. Kita enggak perlu malu, karena kemampuan kita memang setara dengan bangsa lain,” ujar Ilham seusai bincang-bincang di Balai Kirti.

Dari segi ekonomi, pesawat R-80 dinilai lebih unggul jika dibandingkan pesawat jenis lain. 

Baca Juga: Bandara BJ Habibie, Tunggu Lima Tahun Lagi

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X