Sabtu, 22 Februari 2020

Untuk Sementara, Karawang Aman dari Banjir Kiriman Hulu Sungai Citarum

- 5 Desember 2019, 15:31 WIB
Sungai Citarum.*/ARIF HIDAYAH/PR /Arif Hidayah

KARAWANG, (PR).- Kendati intensitas hujan sudah mulai tinggi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, menjamin di wilayah Kabupaten Karawang tidak akan terjadi banjir kiriman dalam waktu dekat ini. 

Sebab hingga sekarang, kondisi air di tiga bendungan sepanjang aliran Sungai Citarum masih di bawah daya tampung bendungan. Artinya air hujan tidak akan mengalir langsung ke wilayah Karawang, tetapi akan tertampung oleh Bendungan Saguling, Cirata, dan Jatiluhur.

"Masih minimnya air bendungan diprediksi bakal mengurangi dampak banjir kiriman dari hulu Sungai Citarum," ujar Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna, di kantornya, Kamis, 5 Desember 2019.

Baca Juga: Bandar Ganja Diciduk Polres Karawang, 80 Kilogram Laris dalam Sebulan

Dijelaskan dia, Bendungan Saguling memiliki batas operasi 625 MDPL. Kondisinya terakhir yang diterima BPBD Karawang kondisi Saguling mencapai 626,04 MDPL.

Sementara Bendungan Cirata, kondisinya 206,11 MDPL dengan batas operasi 206 MDPL dan kondisi Bendungan Jatiluhur mencapai 87,50 MDPL dengan batas operasi 87,36 MDPL.

"Banjir kiriman dari Sungai Citarum kemungkinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini. Banjir kiriman bisa terjadi jika air Sungai Cibeet meluap. Sebab, hingga saat ini, di aliran Cibeet belum ada bendungan yang bisa mengontrol volume air sungai," kata Supriatna.

Disebutkan, banjir di wilayah Karawang mungkin saja terjadi dari genangan air hujan (Cileuncang), bukan dari luapan sungai. "Kalau banjir kiriman, akan terjadi setelah bendungan penuh, biasanya begitu," kata dia.

Baca Juga: Banyak Sampah di Saluran Air, Cimahi Belum Bisa Bebas Banjir

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X