Jumat, 13 Desember 2019

Sejumlah Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan di Puncak Bogor Menjelang Pergantian Tahun

- 3 Desember 2019, 18:08 WIB
SISTEM kanalisasi 2-1 akan dilakukan uji coba pada hari Minggu 27 Oktober 2019 di kawasan Puncak. Dengan uji coba ini maka tidak ada lagi sistem oneway sebagaimana diberlakukan sebelumnya.*/IRWAN NATSIR/PR /

CIBINONG, (PR).- Masalah lalu lintas di kawasan Puncak Kab. Bogor menjadi perhatian khusus dalam pertemuan jajaran kepolisian resort (Polres) Bogor dengan berbagai pihak terkait Selasa 3 Desember 2019.

Hal tersebut terkait selain akan dilakukan uji coba kanalisasi 2-1 juga karena menghadapi akhir tahun 2019 dimana kawasan Puncak biasanya padat dengan kendaraan.

Kasat Lantas Polres AKP M Fadli mengatakan, pembahasan mengenai arus lalu lintas di Puncak menjadi perhatian khusus. "Ada dua agenda yang menjadi topik pembahasan yakni uji coba kanalisasi 2-1 dan menghadapi tahun baru 2020 di Puncak," ujarnya.

Rapat dihadiri perwakilan dari Ditlantas Polda Jabar, Kasat Lantas Polres Cianjur, Kasat lantas Polres Sukabumi, Kasat lantas Polresta Bogor Kota serta instansi terkait lainnya (BPTJ, Dinas Kesehatan Kab. Bogor, Satpol PP Kab Bogor, Dinas PUPR, Dansubdenpom, Jasa raharja, Diskominfo, BPBD, Jasa Marga, Damkar Kab. Bogor dan PHRI berlangsung cukup lama.

Baca Juga: Sistem Kanalisasi 2-1 Akan Kembali Berlaku di Puncak Bogor Tanggal 7 Desember 2019

Poin pertama yang dibahas adalah pelaksanaan uji coba kembali sistem 2-1 dijalur Puncak yang rencana akan dilaksanakan pada hari Sabtu 7 Desember 2019.

Sosialisasi pelaksanaan kegiatan uji coba tersebut akan dilakukan secara massif baik melalui media cetak, media elektronik maupun media Sosial.

Kata M. Fadli, adapun rangkaian persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut dimulai dari pukul 6.30 WIB dengan apel kesiapan pengamanan, penempatan traffic cone dilakukan siang hari, dan pukul 07.00 WIB dilakukan penutupan arus kendaraan dari arah atas (Cianjur) ke bawah serta pukul 12.00 WIB penormalan arus kendaraan, pemasangan Traffic Cone, dan uji coba System 2-1 hingga pukul 16.00 WIB.

"Yang menjadi pembeda dengan uji coba pertama adalah, kita tetap memberlakukan one way di pagi hari karena memang arus kendaraan yg naik d sabtu pagi itu lebih banyak, namun di siang hari arus kendaraan yg turun tidak sebanyak minggu sehingga akan kita uji coba 2-1. Tujuannya adalah agar tidak ada kendaraan yang tertahan dari Jagorawi untu mengakses Puncak” kata M. Fadli.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X