Senin, 16 Desember 2019

DPRD Kabupaten Bekasi Sanggupi Bikin 25 Perda Tahun Depan, Dua Kali Lipat dari Biasanya

- 3 Desember 2019, 10:02 WIB
EMPAT pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi berfoto usai disumpah sebagai pimpinan definitif pada rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis, 10 Oktober 2019.* /TOMMI ANDRYANDY

CIKARANG, (PR).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bekasi mencanangkan 25 rancangan peraturan daerah (Raperda) dapat terselesaikan tahun depan. Jumlah tersebut tertuang dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2020.

Jumlah tersebut meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya. Pada periode sebelumnya, jumlah Raperda yang tersusun dalam program legislasi daerah hanya berkisar 10-11. Jumlah terebut tidak pernah mampu tercapai karena setiap tahun dewan hanya mampu menyusun sekitar sembilan regulasi.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha mengatakan bahwa peningkatan target penyusunan Raperda ini merupakan bentuk dari percepatan kinerja legislatif. Sebelum dicatat sebagai target, jumlah tersebut telah dibahas bersama seluruh anggota.

“Ini bentuk komitmen peningkatan kinerja kami kepada masyarakat. Ini pun telah dibahas bersama dan disanggupi. Maka langsung bekerja untuk masyarakat,” ucap Aria, Senin 2 Desember 2019.

Baca Juga: Kasus Pengaturan Skor Laga Persikasi, Bupati Bekasi Mengaku Tak Tahu

Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Bekasi, Fatma Hanum menjelaskan bahwa peningkatan jumlah Raperda tersebut salah satunya disebabkan karena banyaknya Raperda yang tak kunjung dibahas pada periode sebelumnya.

Dia menjelaskan, terdapat delapan Raperda yang belum diselesaikan tahun 2019 dan akan dibahas pada 2020 mendatang.

“Kedelapan Raperda ini ada dua Raperda yang diusulkan pemerintah daerah dan enam Raperda yang diusulkan DPRD Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Baca Juga: Setelah SMK Yadika Terbakar, Semua Sekolah di Bekasi Diwajibkan Punya APAR


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

X