Jumat, 28 Februari 2020

Ini Ajakan Emil untuk Milenial

- 1 Desember 2019, 10:15 WIB
GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil.* /DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

JAKARTA, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) 2019 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 30 November 2019. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan milenial.

Pada kesempatan tersebut, Emil —sapaan akrab Ridwan Kamil-- mengajak milenial untuk terlibat dalam program pembangunan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat, khususnya One Village One Company (OVOC).

“Program ini tidak hanya terbatas untuk orang (milenial) Jawa Barat saja, tapi juga untuk kalian semua dari seluruh Indonesia untuk jadi CEO program ini (OVOC). Karena saya Gubernur Jawa Barat, jadi nanti ditempatkannya di desa di Jawa Barat,” kata Emil.

Baca Juga: Diusulkan Dikaji Ulang, Berikut Kekurangan Pemungutan Suara di Luar Negeri

“Di Jawa Barat itu ada sekitar 5.000 desa. Jadi, saya butuh 5.000 CEO, para anak muda Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemda Provinsi Jabar melepas secara resmi 110 milenial yang lolos program Patriot Desa di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 28 November 2019. Para anak muda yang telah dibekali ilmu itu bakal menjadi penyokong pelaksanaan (OVOC) untuk merintis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis potensi desa di Jabar.

Adapun secara teknis penugasan di desa, para patriot ini harus dapat melakukan pemetaan spasial, sektoral, dan perencanaan. Mereka pun akan membuat perencanaan pengembangan potensi berbasis masyarakat dan kearifan lokal serta menyiapkan kelompok dan lembaga usaha tingkat desa.

Baca Juga: Transportasi Kacau, Tim Beberapa Negara Sempat Pesan Layanan Online Sendiri di SEA Games XXX 2019

Pun di era Revolusi Industri 4.0 ini, 110 Patriot Desa itu harus memiliki kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendorong pembangunan ekonomi desa berbasis digital.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X