Jumat, 28 Februari 2020

Pengaspalan Rampung, Jalur Ciawi-Singaparna di Tasikmalaya Dibuka Akhir Desember

- 23 November 2019, 21:05 WIB
KENDARAAN melintasi Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga) yang baru rampung diaspal di kawasan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu 23 November 2019. Pengaspalan jalan tersebut tuntas dan bakal dibuka resmi pada akhir Desember 2019.*/BAMBANG ARIFIANTO/PR /BAMBANG ARIFIANTO


SINGAPARNA, (PR).- Proses pengaspalan ruas Jalan Ciawi-Singaparna (Cisinga) sepanjang 2,5 kilometer telah rampung. Rencananya, jalan tersebut resmi dibuka dan beroperasi penuh pada akhir Desember 2019.

Pantauan Pikiran Rakyat pada Sabtu, 23 November 2019, sisa ruas Cisinga yang sebelumnya masih berupa jalan tanah dan bebatuan telah berlapis aspal. Aspal baru tersebut terbentang dari Jembatan Cidadap di Desa Sukamukti hingga Jembatan Cidahu, Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong. Rampungnya pengaspalan membuat sejumlah pengendara menjajal lintasan Cisinga kendati jalan belum resmi dibuka.

Dengan adanya jalur ini, para pengendara dari arah Singaparna menuju Ciawi atau sebaliknya tak perlu lagi menggunakan jalan alternatif Cigorowong-Kiarajangkung. Pengendara bisa langsung masuk ke ruas Cisinga di perbatasan Kecamatan Cisayong-Sukahening.

Sel Kanker Sudah Menyebar, Resya Setiawan Anak dari Tasikmalaya Tak Akan Kemoterapi

Pencemaran Terus Terjadi, Kondisi Sungai Citanduy di Tasikmalaya Tak Kunjung Membaik

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tasikmalaya, Yusep Yustisiawandana optimistis pengerjaan Cisinga tuntas Desember 2019. Pengoperasian jalan rencananya berlangsung pada akhir Desember 2019 selepas habisnya masa kontrak proyek.

"Untuk mulai digunakan, insha Allah akan ada seremonial dulu," uja Yusep.'

Kini, lanjutnya, pengerjaan tengah fokus pada penyelesaian pelengkap jalan seperti saluran air dan tembok penahan tanah. Terkait penyelesaian proyek yang berlangsung saat musim hujan telah tiba, Yusep mengaku hal itu tak menjadi hambatan.***


Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X