Senin, 16 Desember 2019

Perubahan Perilaku, Rusa Cagar Alam Pangandaran Berkeliaran di Kawasan Hotel

- 16 November 2019, 21:25 WIB
KETUA TP PKK Kabupaten Pangandaran, Hj Ida Nurlaela Wiradinata sedang memberikan pakan kepada rusa-rusa yang sedang berteduh di pinggir pantai barat Pangandaran, Sabtu, 16 November 2019.*/AGUS KUSNADI/KP

PANGANDARAN, (PR).- Sejumlah rusa keluar dari hutan Cagar Alam dan berkeliaran di pesisir pantai barat dan timur Pangandaran.

Beberapa di antaranya terlihat mengacak-acak keranjang sampah yang ada di depan komplek perhotelan dan pemukiman warga, untuk mencari sisa-sisa makanan.

Melihat pemandangan tersebut, Hj. Ida Nurlaela Wiradinata Ketua TP PKK Kab Pangandaran yang kebetulan melintas di pinggir pantai mengaku prihatin ketika melihat segerombolan rusa sedang berteduh di bawah pohon.

Ida mengambil beberapa tangkai daun dan menghampiri rusa-rusa tersebut untuk memberinya makan. Namun rusa-rusa itu menolak dan tidak mau memakan dedaunan yang biasa di makan layaknya hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. 

"Tapi saya coba kasih tempe goreng, eh rusa itu langsung memakannya dengan lahap," kata Ida, Sabtu, 16 November 2019.

Istri dari Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata itu menganggap, perilaku rusa yang di cagar alam sudah berubah, karena lebih suka makanan yang dikonsumsi oleh manusia. 

"Makanya rusa tidak suka makan daun-daunan lagi, dia lebih baik keluar dari hutan dan mencari sisa-sisa makanan di komplek perhotelan," ujar Ida.

Karena itu, ia mengimbau perlu adanya pengembalian perilaku hewan-hewan terutama rusa dengan membiasakan memberikan pakan yang sebenarnya, yaitu hewan pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora).

Sementara ditempat terpisah Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Kab Pangandaran, Uking Iskandar saat dikonfirmasi, dirinya menanggapi soal perubahan perilaku terutama hewan rusa.


Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar

Komentar

Terkini

X