Rabu, 11 Desember 2019

Belum Semua Sekolah Ramah Anak

- 16 November 2019, 14:57 WIB
Pendidikan.*/DOK. PR

BOGOR,(PR).- Belum semua sekolah di Kota Bogor  ramah anak.  Dari ratusan sekolah di Kota Bogor, baru 10 sekolah yang sudah memenuhi kategori  ramah anak.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah Kota Bogor Dudih Syiaruddin  di Balaikota Bogor, Jumat, 15 November 2019.

“Kalau bicara semua ya belum.  Untuk mencapai sekolah ramah anak, yang utama  guru yang harus ramah anak.  Mendidik itu enggak harus menggunakan kekerasan,  kita harus memahami generasi milenial, mereka kalau didik dengan kekerasan ya lari, bahkan melawan,” kata Dudih.

Menurut Dudih, banyak sekali indikator sekolah ramah anak yang perlu dipenuhi  sekolah di  Kota Bogor. Selain  peran guru,  penyediaan fasilitas penunjang bagi anak juga sangat dibutuhkan. Terlebih saat ini hampir separuh kehidupan anak ada di sekolah.

“Minimal guru Bimbingan Konseling bisa maping permasalahan anak agar anak bisa nyaman berkomunikasi.Kalau bisa semua guru punya fungsi BK.  Sekolah juga harus bisa membuat anak nyaman, apalagi sudah full day school. Ketersediaan fasilitas sangat mempengaruhi,” kata Dudih.

Tak hanya soal sekolah ramah anak, saat ini KPAID Kota Bogor juga mendorong pihak swasta terutama  hotel dan restoran untuk memenuhi hak dasar anak dengan mewujudkan hotel dan restoran ramah anak.

Indikator hotel dan restoran ramah anak tak melulu soal penyediaan fasilitas. Namun peran pelaku hotel dan restoran kepada anak juga menjadi perhatian utama.

“Pemenuhan hak anak ini sekarang agak sulit diwujudkan semua,  kecuali semua sama-sama mewujudkan. Kita perlu terjun sama-sama, ya pemerintah, swasta, dan masyarakat. Ini butuh peran kita semua,” ucap Dudih.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X