Selasa, 10 Desember 2019

Ridwan Kamil Akan Paksa Pabrik Jadi Tempat Pelatihan untuk Pemegang Kartu Prakerja

- 14 November 2019, 22:17 WIB
PENCARI kerja.*/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut baik adanya program Kartu Prakerja. Menurut dia, program tersebut bukan berarti membagi-bagi uang kepada pengangguran, tetapi memberikan pelatihan kepada angkatan kerja.

“Memodali untuk sekolah dan pelatihan supaya kerjanya cepat. Jadi, media jangan melintir (informasi bahwa pemegang Kartu Prakerja) akan digaji atau apa, tidak. Itu menyubsidi training para pengangguran,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 14 November 2019.

Menurut Ridwan Kamil, Pemprov Jabar sudah menyiapkan program guna menyambungkan Program Kartu Prakerja di daerah.

“Sekolahnya dari kami. Nanti pabrik-pabrik yang punya teknologi, saya paksa menjadi sekolah. Nanti dibayarnya oleh kartu prakerja,” tuturnya.

Terkait situasi ketenagakerjaan di Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, situasinya sedang bagus. Menurut dia, ada penurunan pengangguran di Jabar saat ini.

Meski demikian, Ridwan Kamil menyebut, tingkatnya masih tergolong tinggi. “Hampir ke tujuh persen kurang,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan SDM tidak hanya dibuat basa-basi dengan sekadar memberikan sertifikat keahlian.

Perlu ada hasil kongkret dari pelatihan-pelatihan yang diprogramkan untuk masyarakat.

Hal itu dikatakannya ketika berpidato dalam pembukaan acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Dana Transfer Daerah di Istana Negara, Kamis 14 November 2019.


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X